TKMS Sodorkan MEKO A210 untuk Angkatan Laut Australia

09 November 2023

Fregat ringan MEKO A210 pada Pameran Pertahanan Indo Pacific 2023 (photos : Tim Fish)

Pembuat kapal Jerman ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) telah mengungkapkan kandidat mereka untuk persyaratan Tier 2 Warship Angkatan Laut Australia dengan desain kapal perang ringan MEKO A210 dengan desain haluan terbalik.


Berdasarkan model skala yang dipresentasikan pada Pameran Pertahanan Indo Pasifik 2023 di Sydney, kapal tersebut memiliki nval gun 127mm, 4 x 8-sel VLS, 4 x peluncur quadruple rudal anti-kapal, dua RCWS dengan senjata kaliber menengah, dan sebuah CIWS. Dua peluncur triple torpedo tampaknya tersembunyi di dalam panel bangunan atas yang dapat dibuka.


Kapal ini juga menggunakan radar tipe phase array CEA Technologies CEAFAR, juga dilengkapi ruang untuk modul misi, dan rangkaian peralatan peperangan elektronik yang komprehensif.


Tidak disebutkan dimensi dan displacement kapal ini tetapi kelihatannya  kapal ini mungkin mendekati ukuran fregat FDI milik Naval Group yang juga memiliki desain haluan terbalik seperti MEKO A210 yang panjangnya sekitar 120+ meter dan bobot displacement  setidaknya 3.800 ton.

Subscribe to receive free email updates: