Inggris Akan Memperoleh Helikopter H145 untuk Misi Brunei dan Siprus

18 November 2023

Airbus Helicopter H145 (photo : RAF)

Inggris akan mengakuisisi enam helikopter Airbus Helicopter H145 baru untuk digunakan di Brunei dan Siprus.

Kementerian Pertahanan (MoD) menerbitkan pemberitahuan transparansi mengenai pengadaan yang dimaksudkan pada tanggal 13 November, yang menyatakan bahwa enam helikopter akan diperoleh bersama dengan dukungan selama tiga tahun dengan perkiraan biaya sebesar GBP140 juta (USD172 juta). Dikenal sebagai Jupiter HC2 (Helicopter Cargo 2) dalam dinas militer Inggris, helikopter tersebut akan dikirim mulai tahun 2024.

Kementerian Pertahanan sudah mengoperasikan H145 dalam konfigurasi pesawat latih, dengan tujuh pesawat Jupiter HT1 (Helicopter Training 1) yang digunakan dengan Sistem Pelatihan Penerbangan Militer Inggris.

Untuk misi Brunei, Jupiter HC2 juga akan menggantikan Puma HC2 yang sekarang mendukung misi pelatihan Angkatan Darat Inggris setelah Bell 212 pensiun baru-baru ini.

Untuk misi Siprus, Jupiter HC2 akan menggantikan Airbus Puma HC2 yang sekarang melakukan tugas pencarian dan penyelamatan serta dukungan di Royal Air Force (RAF) Akrotiri sebagai tindakan sementara setelah Bell 412 pensiun baru-baru ini.

H145 adalah varian sipil dari helikopter militer H145M. Meskipun digolongkan sebagai helikopter sipil, H145 diterbangkan dalam kapasitas pelatihan dan dukungan oleh angkatan bersenjata di seluruh dunia sebagai platform dukungan dan pencarian dan penyelamatan.


Subscribe to receive free email updates: