AD Thailand Semakin Dekat dengan Pengadaan D-Iron

21 November 2023

Milrem Robotics D-Iron UGV (photo : DTI)

Royal Thai Army (RTA) semakin dekat untuk mendapatkan D-Iron, yang dikembangkan melalui perjanjian kolaboratif antara Defence Technology Institute (DTI), sebuah badan di bawah Kementerian Pertahanan Thailand (MoD), dan produsen kendaraan robotik Estonia, Milrem Robotics.

Seorang pejabat DTI mengatakan kepada Janes pada pameran Defense & Security 2023 di Bangkok pada tanggal 9 November bahwa D-Iron telah melewati serangkaian uji coba yang diadakan oleh komite pengujian dan evaluasi RTA pada bulan Agustus di Saraburi, Thailand tengah.

Pejabat tersebut mengatakan uji coba tersebut mencakup pengujian ekstensif terhadap kemampuan manuver D-Iron di medan berat dan pengujian stasiun senjata jarak jauh (RWS) R400S-Mk2 Direct Drive-Heavy Duty (D-HD) terintegrasi – yang dipasok oleh perusahaan Australia Electro Optic Systems – dan senapan mesin 30 mm Northrop Grumman M230LF yang terkait.

Milrem Robotics D-Iron UGV (photo : Jane's)

Akuisisi kendaraan darat tak berawak (UGV) kini berpindah ke komite standardisasi material RTA, yang diperkirakan akan segera menyetujui pengadaan tersebut. Setelah itu, RTA diharapkan menyelesaikan persyaratan kontrak pengadaan.

Pejabat DTI mengatakan, “Semua uji coba telah selesai. Langkah selanjutnya adalah komite standardisasi yang meninjau D-Iron bulan ini atau depan. Program tersebut kemudian perlu dialokasikan dana untuk kontrak dan produksi.” Untuk mendukung produksi platform tersebut, Milrem diharapkan dapat berkolaborasi dengan industri lokal.

Pejabat DTI tidak mengomentari ruang lingkup persyaratan RTA. Rincian tersebut akan diselesaikan setelah mendapat persetujuan dari komite standardisasi material RTA. Namun, dia mengatakan RTA memerlukan D-Iron untuk berbagai peran termasuk dukungan infanteri, pengawasan perbatasan, pengintaian, logistik, dan operasi kontra-pemberontakan.

Subscribe to receive free email updates: