TNI AD Terima 4 Unit Helikopter AS 550 Fennec Hasil Refurbishment

26 Januari 2024

Helikopter AS 550 Fennec TNI AD (photo: TNI AD)

JAKARTA, tniad.mil.id – TNI AD menerima perkuatan alutsista berupa empat unit Helikopter AS 550 Fennec hasil refurbishment (perbaikan) lengkap beserta suku cadangnya, dari Kemenhan RI. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subiyanto kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dan disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, di Apron Terminal Selatan, Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Helikopter AS550 Fennec TNI AD, hasil kerja sama antara PTDI dengan Airbus Helicopters, Prancis. Fennec AS550 memiliki sistem avionik yang canggih dan dapat diperlengkapi persenjataan mematikan, seperti roket, torpedo dan amunisi lainnya sehingga sangat efektif untuk menjalankan semua operasi militer.

Helikopter AS 550 Fennec TNI AD (photo: IDM)

Helikopter Panther AS 565 dan Fennec yang Diserahkan Menhan di Lanud Halim Telah Diperbaiki Sistem Avionik-nya 

JAKARTA, KOMPAS.com - Helikopter Panther AS 565 MBE dan Fennec yang diserahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024), telah mengalami perbaikan pada sistem avionik. 

“Untuk Helikopter Panther TNI AL untuk yang di-refurbishment dan dimodernisasi utamanya adalah bagian avioniknya,” kata Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan Brigjen Edwin Adrian Sumantha saat dikonfirmasi, Kamis (25/1/2024). 

Refurbishment juga dilakukan pada sistem avionik Helikopter Fennec yang diserahkan kepada TNI AD, Rabu kemarin. 

“Serta dilakukan penggantian beberapa bagian dari helikopter tersebut yang sudah waktunya diganti,” kata Edwin.

Selain pesawat Super Hercules C-130J unit keempat pesanan Indonesia ke TNI AU, Menhan Prabowo juga menyerahkan Helikopter Panther AS 565 MBE dan Fennec. 

Helikopter Panther AS 565 MBE diserahkan ke TNI AL yang diterima langsung Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali. 

Tiga unit Helikopter Panther AS 565 MBE digelar di lokasi, dari total delapan yang dimodernisasi. 

Kemudian, Helikopter Fennec diserahkan ke TNI AD yang diterima Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak. 

Terdapat empat Helikopter Fennec selesai mengalami refurbishment dan digelar di lokasi.

Subscribe to receive free email updates: