ATIL Perkenalkan UCAV DP18A

10 November 2023

UCAV DP18A (photo : Jane's)

Perusahaan Thailand Aero Technology Industry Company Limited (ATIL) telah meluncurkan kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) ekor X (X-tail) baru pada pameran Defense & Security 2023 di Bangkok.

Perusahaan tersebut mengatakan UCAV DP18A adalah “UAV serangan taktis [kendaraan udara tak berawak] untuk pengintaian, pengawasan, [dan] pengumpulan intelijen” yang juga dapat memberikan “serangan real-time terhadap target musuh”.

UCAV DP18A (photo : Defense Insider)

Seorang pejabat ATIL mengatakan kepada Janes bahwa prototipe UCAV telah dikembangkan selama setahun terakhir untuk Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand sebagai “sistem serangan yang hemat biaya, cepat, dan dapat bermanuver”.

ATIL baru-baru ini menyelesaikan pengembangan DP18A, dan perusahaan tersebut kini sedang berdiskusi dengan militer Thailand mengenai kemungkinan pengadaannya, kata pejabat perusahaan tersebut.

Program semacam itu, yang diharapkan akan didukung melalui pengujian lebih lanjut oleh militer Thailand, pada awalnya akan mencakup satu sistem DP18A, yang terdiri dari empat UCAV dan sistem kendali darat.

UCAV DP18A beserta rudalnya (photo : TAF)

Pejabat itu mengatakan DP18A adalah program lanjutan dari DP16 UCAV milik perusahaan. Namun, pejabat tersebut mengatakan desain X-tail DP18A memberikan pesawat peningkatan stabilitas, fleksibilitas, dan kemampuan manuver dibandingkan dengan DP16, yang memiliki fitur twin tailboom.

Selain itu, DP18A dapat membawa maksimal enam amunisi yang diluncurkan dari udara. Namun, DP18A yang diluncurkan pada pameran Defense & Security memiliki empat cantelan. DP16 dapat membawa hingga tiga rudal, kata ATIL.

Subscribe to receive free email updates: