F-16 TNI AU dan RSAF Berlatih Air To Air Refueling

28 November 2023

Air to Air Refueling adalah bagian dari Elang Ausindo 2023 (all photos : TNI AU) 

Dalam rangkaian Latihan Bersama Elang Indopura 2023, TNI AU (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara) dan RSAF (Republic Singapore Air Force) sukses melaksanakan Latihan Air-to-Air Refueling (AAR) di langit Pekanbaru, 21 s.d. 24 November 2023.

Latihan ini melibatkan pesawat MRTT A330 milik RSAF sebagai pesawat tanker dan pesawat F-16 milik TNI AU dan RSAF sebagai pesawat yang melaksanakan air refueling. F-16 TNI AU yang terlibat adalah lima pesawat Skadron Udara 3, lima pesawat Skadron Udara 14, dan enam pesawat Skadron Udara 16.

Komandan Skadron Udara 16, Mayor Pnb Bambang "Sphinx" Aulia Yudhistira mengatakan bahwa tantangan terberat dalam latihan AAR ini adalah cuaca karena Pekanbaru saat ini telah memasuki musim penghujan.

Selain fokus pada latihan AAR, Skadron Udara 14 dan Skadron Udara 16 bersama 140SQN RSAF juga melaksanakan berbagai latihan seperti Basic Fighter Maneuvers (BFM), Air Combat Maneuvering (ACM), dan Air Combat Tactics (ACT).

Latihan ini menunjukkan kerjasama yang erat antara TNI AU dan RSAF dalam meningkatkan kemampuan operasional dan interoperabilitas di udara, sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Subscribe to receive free email updates: