Saab Mengonfirmasi Tawaran Gripen E kepada Angkatan Udara Kerajaan Thailand

12 November 2023

Pesawat tempur Saab Gripen E (photo : Saab)

Saab yakin Gripen E adalah pilihan terbaik bagi Angkatan Udara Kerajaan Thailand, karena ini sangat efektif,  dapat menggunakan infrastruktur asli dan perusahaan siap memberikan keuntungan ekonomi kepada Thailand dari pengadaan Gripen E, baik itu berinvestasi di Thailand atau mempekerjakan perusahaan Thailand untuk memproduksi suku cadang.

Mr Robert Björklund dari Saab Thailand mengatakan dalam pameran Defense and Security 2023.

"Kemampuan operasi yang berpusat pada networking yang telah dikembangkan oleh Angkatan Udara Kerajaan Thailand dengan menggunakan Gripen membuat iri negara-negara lain. Mereka berusaha untuk meniru dan membangun kemampuan yang dimiliki Angkatan Udara Kerajaan Thailand saat ini, seperti Filipina. Mereka adalah sangat tertarik dengan bagaimana Angkatan Udara Kerajaan Thailand membangun kemampuan ini.”

Kokpit pesawat tempur Gripen E (photo : Saab)

“Mesin Gripen E memberikan tenaga lebih besar. Ada lebih banyak ruang untuk menyimpan bahan bakar. Sistem peperangan elektronik terbaik di dunia. Sistem avionik unik yang tidak dimiliki pihak lain. Kami memisahkan perangkat lunak yang penting untuk operasi penerbangan dari perangkat lunak taktis. Jadi kami bisa meng-upgrade Gripen E dengan cepat karena tidak perlu dipusingkan dengan software avionik. Semua ini hanyalah sebagian.”

Saab juga memiliki keunggulan dalam memberikan kompensasi atau manfaat ekonomi lainnya dibandingkan pesaing seperti Lockheed Martin, yang mungkin dibatasi oleh persyaratan pemerintah AS.

“Saab memiliki sejarah panjang dalam mewujudkan kolaborasi industri. Kerja sama ini bisa langsung dan tidak langsung, misalnya kita telah berhasil menyampaikan kerja sama di Hongaria. Czech Republic, South Africa dan Brazil, menjadikan kami sangat berpengalaman dalam merespon kebutuhan Offset yang mungkin diminta oleh Thailand,” tutup Mr Robert.

See full article TAF

Subscribe to receive free email updates: