DTI, ST Engineering Bermitra Pada Kendaraan Ringan

14 November 2023

Kendaraan utilitas ringan 4×4 yang dilengkapi dengan GDAMS dan Adder Light RWS milik perusahaan Singapura (photo : Jane's)

Defence Technology Institute (DTI) Thailand dan ST Engineering telah bekerja sama untuk mengintegrasikan kendaraan utilitas ringan 4x4 dengan Ground Deployed Advanced Mortar System (GDAMS) 120 mm milik perusahaan Singapura dan remote weapon station (RWS) Adder Light.

Seorang pejabat dari ST Engineering mengatakan kepada Janes pada tanggal 8 November di pameran Defense & Security 2023 di Bangkok bahwa kendaraan tersebut baru dikembangkan, dengan pengujian dijadwalkan akan dilakukan pada awal tahun 2024. RWS yang ditampilkan pada kendaraan di pameran tersebut dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Pejabat tersebut mengatakan sasis kendaraan dan mesin yang digunakan dalam konfigurasi tersebut bersifat agnostik. Dia menambahkan bahwa meskipun persenjataan pada kendaraan tersebut dibuat di Singapura, lokalisasi dimungkinkan tergantung pada skala kebutuhan apa pun. DTI dan ST Engineering berencana untuk mengusulkan desain tersebut kepada Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand.

ST Engineering meluncurkan GDAMS di DSEI 2023 di London pada bulan September. Janes melaporkan pada saat itu bahwa sistem ini sedang dalam pengembangan dan dijadwalkan untuk kualifikasi pada kuartal pertama tahun 2024. Tergantung pada pesanan, produksi GDAMS dijadwalkan pada akhir tahun 2024.

GDAMS, yang berbobot 700 kg, dimaksudkan untuk digunakan dengan rangkaian mortir presisi ST Engineering. Menurut perusahaan, itu dapat digunakan dalam waktu 25 detik.

Subscribe to receive free email updates: