S Korea Mengidentifikasi Pengadaan Penting untuk Program Offset

05 November 2023

KF-21 sedang menembakkan rudal IRIS-T (image : Diehl)

Korea Selatan telah mengidentifikasi daftar 31 pengadaan pertahanan prioritas yang ingin mereka manfaatkan melalui kebijakan offset pertahanannya selama dua tahun ke depan.

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) di Seoul mengatakan pada tanggal 31 Oktober bahwa daftar baru tahun 2023-2025 telah dipublikasikan sehingga perusahaan lokal dapat mengajukan penawaran untuk kontrak offset dengan pemasok asing.

Kebijakan offset Korea Selatan, yang dikelola oleh DAPA, menguraikan persyaratan bagi perusahaan lokal untuk mendaftar sebagai ‘Peserta Industri Korea’ (KIP) sebelum mereka dapat bermitra dengan kontraktor utama asing.

Menurut daftar tersebut, program yang paling banyak menarik pekerjaan offset dalam dua tahun ke depan adalah pengembangan pesawat tempur KF-21 Korea Aerospace Industries (KAI).

Program KF-21 memiliki 14 proyek offset yang terkait, dan sebagian besar diperkirakan akan berjalan hingga tahun 2024-2028, kata DAPA. Produksi massal pesawat tersebut dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2026.

Offset yang terkait dengan KF-21 termasuk penyediaan rudal AIM-2000 InfraRed Imaging System-Tail control (IRIS-T) oleh Diehl, pasokan MBDA atas rudal udara-ke-udara di luar jangkauan visual (BVRAAM) Meteor, dan BAE. Pasokan sistem untuk sistem identifikasi teman atau lawan (IFF) AN/APX-126.

Penyeimbangan pada KF-21 juga diterapkan dalam penyediaan mesin F414-GE-400K oleh General Electric, pasokan sistem isyarat yang dipasang di helm oleh Elbit, dan integrasi Honeywell pada KF-21 dari unit pengukuran inersia dan Sistem Pemosisian Global yang tertanam (GPS)/Sistem Navigasi Inersia (INS) (EGI).

Pengadaan besar lainnya untuk menarik kompensasi termasuk pembelian kapal fregat berpeluru kendali kelas Daegu (FFX-II), program Korea Destroyer Next Generation (KDDX), kapal selam diesel-listrik KSS-III, dan kontrak Boeing untuk memasok Korea Selatan dengan helikopter serang AH-64E Apache Guardian dan helikopter Boeing CH-47D Chinook.

Subscribe to receive free email updates: