Chaiseri Luncurkan Kendaraan Amfibi AWAV 8x8

08 November 2023

Kendaraan amfibi beroda lapis baja (AWAV) yang saat ini telah diproduksi oleh Chaiseri (photo : Jane's)

Perusahaan Thailand Chaiseri telah meluncurkan Kendaraan Amfibi Beroda Lapis Baja/Armoured Wheeled Amphibious Vehicle (AWAV) 8x8 barunya di pameran Defense & Security di Bangkok.

Seorang pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes bahwa AWAV yang dipamerkan di pameran tersebut adalah prototipe, namun Chaiseri telah mulai memproduksi tujuh kendaraan untuk Korps Marinir Kerajaan Thailand (RTMC) berdasarkan kontrak yang diberikan pada bulan Agustus.

Chaiseri Kendaraan amfibi beroda lapis baja (AWAV) (photos : AAG)

Pengiriman kendaraan ini akan dimulai pertengahan tahun 2024. Janes melaporkan pada bulan Agustus bahwa kontrak tersebut bernilai THB448 juta (USD12,6 juta). Chaiseri mengatakan pihaknya juga sedang mengejar ekspor kendaraan tersebut.

Menurut Chaiseri, AWAV berukuran panjang 9,2 m, lebar 3,1 m, dan tinggi 3 m. Perkiraan berat kotornya adalah 25,7 ton. Mesinnya yang berkekuatan 711 hp memberikan kecepatan tertinggi 105 km/jam di darat dan 10 km/jam di air, dan jangkauan tempurnya 600 km, kata Chaiseri.


Daya tembak pada AWAV disediakan oleh remote weapon station Guardian 1.5 milik perusahaan Spanyol Escribano Mechanical and Engineering (EM&E), yang dilengkapi dengan senapan mesin 12,7 mm. Persenjataan sekundernya adalah peluncur granat asap 76 mm.

Kendaraan tersebut mampu menampung 11 tentara ditambah tiga awak (penembak, komandan, dan pengemudi).


Chaiseri mengonfirmasi kepada Janes bahwa RMTC akan mengoperasikan AWAV barunya dari  landing platform dock (LPD) kelas 071E Angkatan Laut Kerajaan Thailand (RTN). RTN memesan kapal ini dari China pada tahun 2019 dan dikirimkan pada April 2023. Home port kapal tersebut adalah Pangkalan Angkatan Laut Sattahip.

Subscribe to receive free email updates: