Inggris Datang Kembali Tawarkan Sejumlah Alutsista

05 November 2023

Sejumlah C-130J bekas RAF akan dilepas (photo : The Avionist)

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Inggris Dominic Jermey di Kemhan, Jakarta, Jum’at (3/11).

Duta besar hadir bersama Atase Pertahanan Inggris Colonel Paul Reynolds, Direktur Negara Pembiayaan Ekspor Inggris Richard Michael, Wakil Atase Pertahanan & Keamanan Inggris Tim Maile). Sementara Wamenhan didampingi Dirjen Strahan Kemhan dan Kabainstrahan Kemhan.

Wamenhan M. Herindra menerima kedatangan Duta Besar Inggris beserta jajarannya membahas tentang penguatan kerja sama industri pertahanan Indonesia dengan Inggris. Sebelumnya kedua negara telah memiliki sejumlah nota kesepahaman tentang beberapa produk industri pertahanan.

Dalam kesempatan ini, Inggris menyampaikan keinginannya untuk dapat melanjutkan kerja sama dengan Kementerian Pertahanan yang lebih komprehensif serta dapat mewujudkan secara konkret peningkatan bentuk-bentuk kerja sama baru.

Terrahawk Paladin artileri pertahanan udara 30mm baru sodoran Inggris (photo : MSI-DS)

Beberapa produk baru pertahanan yang ditawarkan Inggris antara lain: 
-Pesawat Angkut Berat C130Js dan Airbus A400M yang dimilki AU Inggris, 
-Satelit Pertahanan, 
-Artileri Pertahanan Udara dan 
-Fasilitas Medis Militer. 
Dubes Inggris juga menawarkan keberlanjutan dari Program Pemeliharaan Pesawat Hawk 100/200 serta Joint Operation Agreement dalam desain kapal frigat Arrowhead 140 untuk pembangunan 2 Frigat yang dipesan oleh Kemhan RI.

Di akhir pertemuan, Wamenhan berharap hubungan bilateral kerja sama Indonesia dengan Inggris khususnya di bidang pertahanan dapat terus terjalin dan saling menguntungkan bagi kedua negara.

Subscribe to receive free email updates: