Korea Selatan Pertimbangkan Plan B Karena Tunggakan Pembayaran Indonesia dalam Proyek KF-21

06 November 2023

Pesawat tempur KF-21 Boramae (photo : Reddit)

Indonesia, yang merupakan mitra proyek pengembangan jet tempur KF-21 Korea Selatan, sekali lagi gagal memberi tahu pemerintah Korea mengenai rencananya untuk membayar share biaya proyek tersebut, sehingga membahayakan kemitraan mereka.

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA), badan pengadaan senjata Seoul, mengatakan pada hari Rabu bahwa Indonesia tidak memberikan rencana pembayarannya pada akhir Oktober seperti yang dijanjikan.

KF-21 adalah proyek bersama antara Korea dan Indonesia untuk mengembangkan pesawat tempur supersonik generasi lanjut dengan teknologi lokal Korea untuk komponen utamanya.

Pada tahun 2016, Indonesia setuju untuk menanggung sekitar 1,3 triliun won ($958 juta), atau sekitar 20% dari proyek bernilai miliaran dolar tersebut sebagai imbalan atas kesepakatan bagi negara Asia Tenggara tersebut untuk menerima prototipe jet tempur dan dukungan teknis untuk proyek tersebut. produksi lokal sebanyak 48 unit di Indonesia.

Jakarta sejauh ini telah membayar 278,3 miliar won dan sisanya sebesar 991,1 miliar won telah jatuh tempo.

Awal tahun ini, Indonesia mengatakan akan memberi tahu Korea mengenai jadwal pembayaran pada akhir bulan Juni, namun ternyata tidak. Kemudian dikatakan bahwa pihaknya akan mengajukan rencana tersebut pada akhir Oktober.

Pesawat KF-21 versi kursi tunggal dan ganda (photo : DAPA)

Kembali ke titik awal
Menteri DAPA Eom Dongwhan mengatakan dalam audit parlemen terhadap badan pengadaan senjata bulan lalu bahwa pihaknya “tidak punya pilihan lain selain mengembalikan proyek bersama” jika Jakarta terus mengingkari janjinya.

Jika Jakarta tidak memenuhi pembayarannya maka akan merusak kepercayaan terhadap komitmennya untuk mengembangkan pesawat tempur multiperan yang canggih untuk angkatan udara kedua negara, katanya.

Pada pengarahan DAPA kepada Kementerian Pertahanan Nasional pada hari Selasa, seorang pejabat DAPA mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan berbagai kemungkinan mengenai apa yang harus dilakukan dalam kemitraannya dengan Indonesia sambil menunggu rencana pembayaran dari Jakarta.

Dia mengatakan DAPA juga berencana untuk merevisi perjanjian dasarnya dengan Indonesia mengenai proyek bersama tersebut pada akhir tahun ini untuk membantu menyelesaikan masalah pembayaran.

Pada bulan April 2021, Korea meluncurkan prototipe jet tempur KF-21, yang dijuluki Boramae, di Korea Aerospace Industries Ltd. (KAI), satu-satunya pembuat pesawat militer Korea.

Korea berencana untuk secara bertahap mengganti armada pesawat tempur F-4 dan F-5 yang sudah tua, jet generasi ketiga rancangan AS yang diperkenalkan pada tahun 1960an.

Setelah beroperasi penuh, pesawat tempur KF-21, yang dijuluki jet generasi 4,5 karena kurangnya fungsi siluman, juga dapat menggantikan F-16 dan F-15K pesawat tempu generasi keempat Korea.

Dengan muatan maksimum 7.700 kilogram, pesawat perang baru ini akan memiliki 10 pod untuk rudal udara-ke-udara dan senjata lainnya, yang mampu terbang pada kecepatan 2.200 kilometer per jam dengan jangkauan terbang 2.900 km.

Pada bulan Januari, KF-21 berhasil melakukan penerbangan supersonik pertamanya di atas langit Korea.

See full artilcle KED Global

Subscribe to receive free email updates: