Pesawat Tempur KF-21 Mencapai Kecepatan Mach 1

19 Januari 2023

Pesawat tempur KF-21 telah mencapai kecepatan supersonik (photo : DAPA)

SEOUL (Yonhap) -- Prototipe pesawat tempur KF-21 buatan dalam negeri mencapai kecepatan supersonik dalam uji terbang pada Selasa, kata badan pengadaan senjata negara Korea Selatan, dalam tonggak penting untuk proyek pengembangan pesawat tempur dengan  profil tinggi.

Prototipe KF-21 pertama mencapai kecepatan Mach 1, atau 1.224 kilometer per jam, pada ketinggian 40.000 kaki pada pukul 15:15. saat terbang di atas perairan selatan negara itu, menurut Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA).

Prototipe tersebut terbang selama 56 menit setelah lepas landas dari 3rd Flying Training Wing Angkatan Udara di Sacheon, sekitar 300 km selatan Seoul. Pesawat itu melakukan penerbangan perdananya pada Juli tahun lalu.

Indikator pada HUD saat kecepatan Mach 1 (photo : defence.pk)

Menteri Pertahanan Lee Jong-sup memuji perkembangan itu sebagai prestasi "bersejarah".

“Melalui keberhasilan dalam penerbangan berkecepatan supersonik, militer kami semakin memperkuat fondasi untuk membangun militer yang kuat berdasarkan sains dan teknologi,” kata Lee seperti dikutip oleh DAPA. “Kami juga mengambil satu langkah lebih jauh untuk menjadi pengekspor pertahanan terbesar keempat di dunia.”

Mengamankan kemampuan supersonik adalah bagian utama dari upaya pengembangan, yang dipimpin oleh pabrikannya, Korea Aerospace Industries Ltd., karena itu berarti fungsi utama bekerja dengan lancar terlepas dari kecepatan penerbangan.

DAPA mengatakan pihaknya mengkonfirmasi "stabilitas struktural" pesawat KF-21 selama penerbangan supersonik, sambil menekankan prestasi tersebut didasarkan pada teknologi yang dikembangkan di dalam negeri.

Indikator pada HUD saat kecepatan Mach 1 (photo : defence.pk)

Tiga prototipe KF-21 sejauh ini telah melakukan lebih dari 80 uji terbang untuk memperluas kemampuannya dalam hal ketinggian, kecepatan, dan elemen lainnya, sejak prototipe pertama memulai proses pengujian pada bulan Juli.

DAPA mengatakan pihaknya berencana untuk menggunakan total enam prototipe, termasuk tiga yang ada, untuk melakukan sekitar 2.000 uji terbang secara total pada Februari 2026.

Diluncurkan pada tahun 2015, proyek KF-21 senilai 8,8 triliun won (US$7,09 miliar) berusaha untuk mengembangkan pesawat tempur generasi ke-4,5 untuk menggantikan armada jet F-4 dan F-5 negara yang menua yang menunggu untuk dinonaktifkan setelah beberapa dekade layanan.

Subscribe to receive free email updates: