Prajurit Yonkapa 2 Marinir Laksanakan Harwat Ranpur Kapa PTS

27 Januari 2023

Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri (KAPA) tipe PTS (Plausia Tanko Srednia) masih terawat dengan baik oleh Korps Marinir TNI AL (all photos : PasMar2)

TNI AL, Dispen Kormar (Surabaya) -- Dalam rangka memelihara kesiapan dan memastikan Alutsista siap untuk bertempur, prajurit Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri 2 Marinir melaksanakan pemeliharaan dan perawatan kendaraan tempur Kapa PTS (Plausia Tanko Srednia) di Garase Ranpur Yonkapa 2 Mar Kesatrian Marinir Soepraptono, Ujung Surabaya, Kamis (26/01/2023).


Sebagai prajurit Kavaleri Marinir, memelihara kesiapan kendaraan tempur merupakan hal yang wajib, pemeliharaan ini fokus pada Ranpur Kapa PTS, pengecekan dilaksanakan meliputi sistem kemudi, kelistrikan, tekanan oli, roda jalan, kondisi aki dan pengapian Ranpur, dengan pengecekan ini dapat diketahui sistem yang terdapat di Alutsista tersebut dapat berfungsi dengan baik.


Lebih lanjut, Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir Mayor Mar Imam Wahyudi, M.Tr.Opsla. menyampaikan, “Bahwa kegiatan ini merupakan program rutin satuan dalam memperpanjang usia pakai Alutsista yang dimiliki Batalyon Kapa 2 Marinir dan menjaga kemampuan mobilitas kendaraan tempur, sehingga dapat membantu tugas pokok Korps Marinir sebagai pasukan pendarat,” pungkasnya.


Pasukan Marinir 2 atau (Pasmar 2) merupakan Komando Pelaksana Utama Korps Marinir, yang meliputi wilayah tengah Indonesia. Pasmar 2 mempunyai tugas pokok, yaitu membina kekuatan dan kemampuan serta kesiapsiagaan operasional sebagai pasukan pendarat TNI Angkatan Laut dalam rangka proyeksi kekuatan ke darat lewat laut, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis serta operasi tempur lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI. Markas Komando Pasmar 2 berada di Kesatrian Marinir Moekijat Jl. A.Yani No. 1A Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Subscribe to receive free email updates: