KAI Hidupkan Lagi Gagasan F-50, Pesawat Tempur Kursi Tunggal Turunan FA-50

24 Januari 2023

Pesawat tempur kursi tunggal F-50 (photo : AviaciOnline)

Selama upacara di kantor pusat Korea Aerospace Industries (KAI) yang mengumumkan strategi pengembangan perusahaan hingga tahun 2050, CEO perusahaan membahas perkembangan masa depan FA-50, seperti versi pesawat tempur ringan dengan kursi tunggal F-50.

Dalam jalur pengembangan FA-50, yang berasal dari pelatihan tingkat lanjut/versi LIFT T-50 untuk Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF), KAI telah merencanakan dari awal untuk mengembangkan desain menjadi pengembangan pesawat tempur ringan multi-peran dengan kursi tunggal, yang dimaksudkan sebagai F-50.

Dan ini tidak mengherankan karena pengembangan T-50 juga melibatkan Lockheed Martin. Dengan bantuan Amerika, pesawat latih canggih ini dibuat dari konsep desain dan teknologi F-16, yang diproduksi KAI secara lokal di bawah lisensi sebagai KF-16. Dengan demikian, T-50 (kemudian FA-50) selalu memiliki potensi untuk menjadi F-50, pesawat tempur ringan yang dapat melakukan 80% dari apa yang dilakukan F-16, tetapi dengan biaya lebih rendah.

KAI mengusulkan pesawat tempur satu kursinya sebagai pengganti beberapa lusin F-5 Tiger II yang masih digunakan di ROKAF, tetapi untuk membiayai pengembangan F-50, Kementerian Pertahanan Korea Selatan diharuskan menyediakan dana yang diperlukan. Tapi ini tidak terjadi, karena setiap bagian dari anggaran yang tersedia diarahkan untuk pengembangan Boramae KF-21.

Peluang baru untuk F-50?
Kang Gu-young, CEO Korea Aerospace Industries, meresmikan sebuah upacara di kantor pusat perusahaan di Sacheon, di mana dia menguraikan strategi bisnis «Global KAI 2050 -Beyond Aerospace-», yang dia percaya KAI dapat menjadi perusahaan kedirgantaraan terbesar ketujuh di Dunia.

Strategi ini, menurut Kang Gu-young, akan mewakili lompatan besar bagi perusahaan, berdasarkan inovasi, investasi dalam R&D dan perekrutan serta pelatihan bakat manusia.

Model pesawat tempur kursi tunggal F-50 (photo : AviaciOnline)

Strategi lain yang akan ditempuh adalah mengurangi ketergantungan pada kontrak pengadaan pemerintah Korea, dengan fokus pada potensi ekspor produknya. Dari sinilah kemungkinan pengembangan F-50 muncul.

Keberhasilan ekspor FA-50 ke Polandia melalui kerja sama erat dengan pemerintah dan respons cepat dalam lingkungan keamanan yang berubah dengan cepat menegaskan potensi pasar Eropa, yang sebelumnya dianggap tidak dapat diakses oleh KAI untuk produk-produknya. Pergeseran ini selanjutnya dibuktikan dengan pendekatan Airbus Defense & Space kepada perusahaan Korea untuk mempromosikan FA-50 di negara-negara Eropa Barat, mengubur AFJT, proyek pesawat latih/pesawat ringan supersonik canggihnya sendiri, di sepanjang jalan.

Membangun keberhasilan FA-50, Kang Gu-young ingin membangun pijakan di pasar Eropa, Amerika Utara, Afrika dan Timur Tengah (mungkin melalui Mesir), sambil memperkuat kehadiran KAI di pasar Asia Tenggara dan Amerika Selatan.

Versi FA-50 yang disesuaikan dengan persyaratan khusus dari setiap pelanggan ekspor akan dipromosikan, termasuk kemungkinan mengembangkan versi tempur ringan kursi tunggal F-50. Yang belum jelas adalah apakah pengembangan tersebut bergantung pada calon pelanggan yang membiayai proyek tersebut, atau apakah KAI berencana untuk membayarnya dari kantongnya sendiri.

Ada ratusan MIG-21, F-5, A-37, A-4, Alpha Jet, L-39 dan model pesawat latih atau tempur/serang ringan lainnya yang akan digantikan oleh teknologi baru yang canggih dan lebih ekonomis untuk dioperasikan. Platform, menghasilkan pasar potensial antara 800 hingga 1.000 jet kategori FA-50 dan F-50, di mana KAI bermaksud untuk mengambil bagian terbesarnya. Dan setiap pelanggan FA-50 adalah pelanggan potensial untuk KF-21, dan produk militer dan sipil lainnya dari perusahaan kedirgantaraan Korea Selatan, yang pada akhirnya berniat untuk bersaing dengan raksasa Boeing dan Airbus.

Subscribe to receive free email updates: