Kongres Meningkatkan Anggaran Modernisasi AFP

20 Januari 2023

Pesawat tempur FA-50PH ketika mengawal pesawat Presiden Marcos Jr (photo : PAF)

MANILA, Filipina — Kongres telah mengalokasikan dan meningkatkan anggaran sebesar P6 miliar untuk program modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina atau AFPMP untuk tahun ini, kata seorang anggota kongres administrasi kemarin.

“Secara keseluruhan, ada P45 miliar untuk AFPMP dalam anggaran nasional 2023 – P27,5 miliar untuk alokasi terprogram ditambah P17,5 miliar untuk alokasi tidak terprogram,” ungkap Surigao del Sur Rep. Johnny Pimentel.

“P45 miliar P6 miliar lebih tinggi dari P39 miliar dalam alokasi terprogram dan tidak terprogram untuk AFPMP pada tahun 2022,” katanya, mencatat bahwa Departemen Anggaran dan Manajemen awalnya hanya meminta P40 miliar untuk tahun ini.

“Kami yakin pemerintah akan menemukan uang yang dibutuhkan untuk membiayai alokasi yang tidak terprogram tahun ini untuk AFPMP,” kata Pimentel.

Sementara alokasi terprogram memiliki sumber pendanaan yang siap, alokasi yang tidak terprogram memberikan wewenang siaga kepada Departemen Pertahanan Nasional (DND) untuk menandatangani lebih banyak kontrak untuk proyek modernisasi, bergantung pada dana pemerintah yang tersedia, termasuk pinjaman.

“Kami dengan tegas mendukung AFPMP tidak hanya karena undang-undang mengharuskan kami untuk melakukannya, tetapi juga untuk menangkal kapal China yang terus-menerus berkerumun di sekitar Pulau Pag-asa,” kata Pimentel.

Pag-asa adalah daratan terbesar yang diduduki Filipina di bagian timur laut Kepulauan Spratly yang disengketakan.

Pimentel adalah mantan ketua komite intelijen strategis DPR dan pendukung kuat Perjanjian Pasukan Kunjungan antara Filipina dan AS.

Dia juga penulis House Bill 1782, yang berupaya mengalokasikan P5 miliar untuk pemasangan pangkalan operasi angkatan laut baru untuk mengamankan cadangan gas dan minyak Laut Filipina Barat “untuk dinikmati generasi Filipina di masa depan.”

Bulan lalu, Pimentel juga memperkenalkan HB 6228, yang berupaya mendeklarasikan Pag-asa sebagai situs wisata memancing untuk mendorong pemasangan struktur Filipina tambahan di pulau seluas 37,2 hektar itu.

Dari Desember 2021 hingga Juni 2022, atau dalam tujuh bulan terakhir pemerintahan mantan presiden Rodrigo Duterte, DND menandatangani kontrak akuisisi senilai P109 miliar untuk AFPMP, termasuk:

• P28 miliar untuk dua korvet antikapal, antikapal selam, dan antipesawat dari Hyundai Heavy Industries Co. Ltd. Korea Selatan;

• P18,9 miliar untuk tiga baterai rudal ramjet supersonik berbasis pantai dari BrahMos Aerospace India;

• P32 miliar untuk 32 helikopter Black Hawk dari PZL Mielec Polandia; dan

• P30 miliar untuk enam kapal patroli lepas pantai jarak jauh, juga dari Hyundai.

Subscribe to receive free email updates: