3 Korvet TNI AL Akan Alih Bina ke Koarmada III

31 Januari 2022

Korvet KRI Fatahillah 361 (photo : Koarmada 2)

Laksanakan “Admiral Inspection”, Laksda TNI Irvansyah Didampingi Pangkoarmada III Laksda TNI Agus Hariadi

Katapop Sorong PW- Laksamana Muda TNI Irvansyah hari ini, Senin 30 Januari 2023, melakukan tradisi “Admiral Inspection”, jika dalam bahasa Indonesia dapat diartikan “Pemeriksaan Laksamana”. Dalam pelaksanaannya, Laksda TNI Irvansyah, didampingi Laksda TNI Agus Hariadi selaku Pangkoarmada III,. Laksda TNI Irvansyah merupakan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, sebelum digantikan oleh Laksda TNI Agus Hariadi.

Dimana Laksda TNI Agus Hariadi resmi menjabat Pangkoarmada III setelah dilakukan serah terima jabatan pada Kamis, 26 Januari 2023 lalu, yang dipimpin Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto di Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat. Laksda TNI Agus Hariadi sebelumnya menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Sedangkan Laksda TNI Irvansyah akan menempati jabatan baru sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Dalam melaksanakan Admiral Inspection tersebut, Laksda TNI Irvansyah dan Panglima Koarmada III menggunakan KRI Mata Bongsang, yang kemudian bersandar di Dermaga Koarmada III Katapop Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Korvet KRI Malahayati 362 (photo : Antarafoto)

Tiba di Dermaga Koarmada III, Laksda TNI Irvansyah dan Laksda TNI Agus Hariadi serta rombongan, disambut Kepala Staf Koarmada III, Laksma TNI Rudhi Aviantara serta para Pejabat Jajaran Koarmada III, yang telah menunggu di Dermaga Koarmada III. Admiral Inspection merupakan tradisi TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan serah terima pemimpinnya.

Hal ini dilaksanakan untuk melakukan peninjauan terhadap kekuatan alutsista yang meliputi unsur-unsur kapal perang, gelar pasukan khusus, ataupun pangkalan untuk yang terakhir kalinya sebelum jabatan diserahterimakan. Laksda TNI Irvansyah menerangkan jika hari ini sudah memulai rangkaian kegiatan penerimaan Pangkoarmada III yang baru.

“Nantinya akan saya sampaikan rangkaian memorandum yang menjelaskan yang sudah dilakukan, yang sedang dan program yang akan dilakukan. Malamnya akan dilakukan lepas sambut dan besok pagi melakukan penyerahan rumah dinas Pangkoarmada III. Pekerjaan rumahnya banyak. Luas lahan Koarmada III 450 Ha, yang terbangun baru 20%. Jumlah personil juga masih sekitar 35%,” terang Laksda TNI Irvansyah.

Korvet KRI Nala 363 sekelas dengan Fatahillah dan Malahayati (photo : TNI AL)

“Sesuai amanat Panglima TNI dan KSAL, keberadaan Koarmada III harus punya manfaat untuk masyarakat sekitar. Membantu kemajuan pembangunan di daerah sini, terutama untuk masyarakat dan sumber daya manusianya. Karena jika SDM sudah bagus, maka akan maju dengan sendirinya dan berkembang dengan baik. Pendidikan di Papua harus nomor satu,” pesan Laksda TNI Irvansyah yang sebentar lagi akan menyandang Laksamana Madya, dengan tiga bintang di pundak.

Pangkoarmada III, Laksda TNI Agus Hariadi diawal penyampaiannya mengatakan jika dirinya wajah baru namun stok lama. Karena sebelumnya pernah bertugas di Biak. Laksda TNI Agus Hariadi menjelaskan jika sudah berkomitmen melanjutkan program kerja Laksda TNI Irvansyah. “Keberadaan kita harus, harus dan harus bermanfaat pada masyarakat sekitar.”

“Kita siap untuk berbaur, bersatu dengan seluruh komponen yang berada di wilayah kerja Koarmada III. Siap bekerja sama dan mendorong semuanya bergerak ke arah yang lebih baik,” ujar Pangkoarmada III. Ditambahkannya jika ada 3 KRI yang akan alih bina ke Koarmada III. Namun datangnya bertahap, 2 kapal jenis Korvet yaitu KRI Fatahillah-361 dan KRI Malahayati-362.

Subscribe to receive free email updates: