RNZAF Adakan Transisi dengan Pesawat P-8A

08 Januari 2023

RNZAF P-8A Poseidon (photo : RNZAF)

Kedatangan pesawat patroli maritim (MPA) P-8A Poseidon baru pertama di Selandia Baru akan membuat Skuadron No 5 Angkatan Udara Kerajaan Selandia Baru (RNZAF) pindah ke pangkalan barunya di Pangkalan RNZAF Ohakea.

Skuadron No 5 akan dipindahkan dari Auckland ke Ohakea setelah pensiunnya sisa armada tiga pesawat Orion P-3K2 pada akhir Januari 2023 – enam bulan lebih awal dari yang direncanakan.

Ini juga akan terjadi peningkatan pelatihan awak pesawat dan personel pemeliharaan RNZAF. P-8A pertama mendarat di Pangkalan RNZAF Ohakea pada 13 Desember. Itu diterbangkan oleh pilot Angkatan Laut AS dengan persinggahan di Hawaii dan Fiji dalam perjalanan ke Selandia Baru.

Seorang juru bicara mengatakan bahwa sejumlah daftar periksa penerimaan perlu dijalankan sebelum pesawat dapat digunakan sepenuhnya oleh RNZAF. Ini termasuk menambahkan kit khusus Selandia Baru, termasuk pelampung dan peralatan P3K.

“Setelah penerbangan pertama, kru akan memulai periode pengujian dan evaluasi singkat untuk memastikan peluncuran operasional pertama dapat terjadi pada pertengahan 2023. Rilis operasional ini akan mencakup pengawasan maritim di Selandia Baru dan Pasifik, termasuk operasi SAR dan tanggap bencana,” kata juru bicara itu.

Juru bicara menjelaskan bahwa semua rilis operasional sementara dan rilis operasional akhir “melibatkan keempat Poseidon P-8A yang tercakup dalam armada NZ”. Tiga pesawat yang tersisa akan dikirimkan pada pertengahan 2023.

Sebagian besar awak P-8A di Skuadron No 5 akan berasal dari awak P-3K2 Orion MPA yang sudah pensiun setelah lebih dari 50 tahun dalam layanan operasional. Namun, akan ada beberapa peserta pelatihan baru yang dipasok melalui sistem pelatihan terbang RNZAF.

Subscribe to receive free email updates: