Skuadron Fregat 1 Thailand Pasca Musibah HTMS Sukothai

05 Januari 2023

Korvet HTMS Sukothai 442 (photo : Vasya21)

Melihat Skuadron Fregat 1, Royal Thai Fleet, Royal Thai Navy dapat menengok kembali ke sejarah sejak saat Skuadron Anti-kapal Selam (CDC) didirikan pada 1 Januari 1953 yang merupakan salah satu unit tempur angkatan laut tertua yang ditempatkan dengan kapal-kapal yang mempunyai kemampuan Anti-Submarine Warfare (ASW), hingga nama unit diubah saat ini sesuai dengan reorganisasi armada baru pada tanggal 11 April 1992 dengan pembentukan unit kekuatan angkatan laut baru, termasuk Skadron Fregat Kedua yang diisi dengan kapal fregat yang didatangkan dari China yaitu 4 kapal HTMS Chao Phraya dan 2 kapal HTMS Naresuan dengan ditandai dengan perubahan nomor lambung (pennant number) dari satu digit menjadi tiga digit.

HTMS Rattanakosin 441 (photo : RTN)

HTMS Tapi (431) dinonaktifkan ketika masa kerja kapal hampir 51 tahun dan HTMS Khiri Rat (432) diharapkan akan diberhentikan nanti pada tahun fiskal 2023. Mungkin pada 1 April 2023 atau 30 September 2023, saat usia kapal mencapai 49 tahun.

Namun dampak paling serius bagi pengembangan dan penguatan divisi tempur Skuadron Fregat 1 adalah tenggelamnya korvet kelas Rattanakosin yaitu Kapal Kerajaan HTMS Sukhothai pada 18-19 Desember 2022.

HTMS Tapi 431 (photo : RTN)

Menurut rencana pengembangan kekuatan Angkatan Laut Kerajaan Thailand saat itu, pasokan kapal akan dilakukan dengan kapal serang cepat yang dipersenjatai dengan rudal dan kapal cepat serang bersenjata dari negara asing serta kapal patroli bersenjata dan kapal patroli anti-kapal selam yang dibangun di Thailand, seperti kapal patroli HTMS Sattahip dengan 6 kapal, dan kapal patroli anti kapal selam HTMS Khamronsin dengan 3 kapal.

HTMS Khiri Rat 432 (photo : Tangkijjarak Phakphum)

Selama tahun 1988, dilaporkan bahwa Angkatan Laut Kerajaan Thailand memiliki rencana untuk membangun serangkaian kapal korvet, yaitu kapal HTMS Rattanakosin ketiga di Thailand dengan mentransfer teknologi dari Amerika Serikat. Namun, titik balik besar dalam konsep tersebut terjadi pada tahun 1989 setelah Thailand dilanda Topan Gay. Bencana yang terjadi di Teluk Thailand saat itu, sebagian besar kapal Angkatan Laut Kerajaan Thailand terlalu kecil untuk berlayar membantu rakyat. Menyebabkan Angkatan Laut Thailand mengubah doktrin kekuatan angkatan laut untuk memasok kapal fregat yang lebih besar dan kinerja lebih tinggi daripada korvet termasuk kapal induk helikopter, HTMS Chakri Naruebet di mana sebelumnya kapal cepat serang dipersenjatai dengan peluru kendali Exocet, akibatnya seluruh 3 set kapal cepat serang rudal HTMS Racharit (321) telah dipensiunkan karena jenis kapal ini terlalu boros dan terlalu kecil dalam peperangan angkatan laut modern.


Dapat dilihat bahwa Angkatan Laut Thailand telah dapat menggunakan kapal perangnya sejak lama dan melampaui usia kapal angkatan laut asing seperti negara-negara NATO di mana kapal perang permukaan seperti fregat akan dinonaktifkan ketika telah dipergunakan selama 35 tahun, tetapi Angkatan Laut Kerajaan Thailand menetapkannya pada usia 40 tahun, meskipun sebenarnya usia kapal habis saat berusia 50 tahun.

Sebagai bagian dari seri Rattanakosin, HTMS Rattanakosin (441) aktif pada tahun 1986 dan HTMS Sukhothai (442) pada 1987, dengan usia rata-rata sekitar 36 tahun, oleh karena itu Angkatan Laut Kerajaan Thailand dapat menggunakan seri kapal ini untuk 5-10 tahun ke depan, dengan beberapa pemeliharaan dan peningkatan sistem yang akan dimodernisasi.


Namun hilangnya HTMS Sukhothai, selain menyebabkan Royal Thai Navy kehilangan 1 dari 5 kapal perang permukaan yang dapat melakukan peperangan tiga dimensi, HTMS Rattanakosin 441 yang masih tersisa juga dapat dinilai harus dipensiunkan lebih awal juga jika penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan kapal ditemukan bahwa masa pakai dan perbaikan kapal mempengaruhi kecelakaan tersebut.

Bangkai kapal HTMS Sukhothai masih memiliki pengaruh penting bagi pengembangan kekuatan angkatan laut Angkatan Laut Kerajaan Thailand. Partai-partai politik di parlemen Thailand, termasuk media Thailand, menentang proyek pengadaan kapal selam S26T yang selama ini dipandang Thailand secara tidak fair akan mengangkat insiden HTMS Sukhothai untuk menyerang angkatan laut juga.


Isu ini akan memiliki efek yang mendalam dan harus dibuktikan setelah pemilihan umum di Thailand, yang diharapkan berlangsung sekitar Mei 2023, dari tren masyarakat sipil dalam krisis kepercayaan pada Angkatan Laut. Biarkan pemerintah Thailand yang baru untuk memutuskan atau tidak menyetujui proyek pengadaan kapal baru untuk angkatan laut.

See full article AAG

Subscribe to receive free email updates: