Tingkatkan Pengamanan Perairan Indonesia, TNI AL Kembangkan Drone Kamikaze

26 Oktober 2023

Drone kamikaze multirotor (photo : Detik)

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali berencana mengembangkan alat drone Kamikaze. Drone itu nantinya akan digunakan sebagai salah satu alat pengamanan wilayah perairan Indonesia.

Hal itu disampaikan di acara seminar akhir Pasis (Perwira siswa) Dikreg Seskoal di Gedung Seskoal, Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023). Ali mengatakan pengembangan drone tersebut diperlukan setelah berkaca dari perang Ukraina dan Rusia.

"Jadi drone Kamikaze ini sangat penting. Seperti kita liat di peperangan Ukraina maupun di Timur Tengah di Palestine Lebanon. Maka drone ini menjadi sangat penting dan untuk yang dikembangkan oleh para Pasis," kata Ali di Gedung Seskoal, Senin (23/10/2023).

Ali mengatakan nantinya drone tersebut akan disempurnakan kemampuannya. Drone itu juga diharapkan mampu menjadi salah satu alat senjata modern yang dapat membantu menjaga pertahanan perairan Indonesia.

"Tentu kita akan sempurnakan dalam hal endurance, jadi dia bisa terbang lebih lama kemudian jaraknya lebih jauh, kemudian pilotnya lebih banyak sehingga dia bisa membawa bahan peledak yang lebih besar. Sehingga daya hancurnya menjadi besar, dan tentu saja kemampuan kameranya juga akan kita tingkatkan resolusinya dan bisa untuk night vision, night IR (infrared), dan thermal imager. Itu yang akan kita kembangkan," imbuhnya.

"Dengan adanya kemajuan teknologi maka kita harus menyesuaikan, apalagi di laut. Dalam menghadapi ancaman di laut maka sangat berperan penting, kalau kita kalah teknologi maka akan dipastikan kita akan lebih lemah menjadi yang inferior," ucapnya.


Subscribe to receive free email updates: