Kasau Tinjau Pabrik Helikopter Airbus Helicopters di Perancis

23 Oktober 2023

Helikopter H145M dipertimbangkan sebagai helikopter misi khusus TNI AU (photo : Airbus)

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Perancis berkesempatan mengunjungi Pabrik Airbus Helicopters di Marseilles, pada Kamis (12/10/2023).

Setibanya di fasilitas pembuatan helikopter tersebut, Kasau disambut oleh CEO Airbus Helicopters Bruno Even. Dalam suasana yang penuh antusiasme, mereka memulai diskusi tentang berbagai kebutuhan operasional akan helikopter, termasuk keperluan untuk pelatihan (training) serta operasi pencarian dan penyelamatan (Search and Rescue - SAR).

Salah satu fokus utama dalam diskusi tersebut adalah helikopter tipe H225M Caracal yang sudah memperkuat TNI AU. Kasau dan CEO Airbus Helicopters membahas berbagai aspek teknis dan kemampuan operasional dari H225M Caracal, serta potensi untuk kerjasama lebih lanjut dengan TNI AU dan PT DI dalam hal pembuatan, pemeliharaan dan pelatihan terkait pemanfaatan helikopter.

Helikopter H225M Caracal TNI AU (photo : Kemhan)

Selain H225M Caracal, pembicaraan juga mencakup Helikopter Tipe H145, yang juga memiliki reputasi kuat dalam berbagai peran, termasuk pemakaian sipil dan militer yang telah diproduksi sebanyak 1600 unit. Kasau sangat tertarik untuk memahami bagaimana helikopter ini dapat dimanfaatkan mendukung misi-misi khusus TNI AU.

Diketahui Helikopter H145 memegang rekor dunia pada bulan September 2019 dimana mampu mendarat di puncak Gunung Aconcagua yang merupakan gunung tertinggi di Belahan Bumi Selatan pada ketinggian 6.962 meter (22.840 kaki). AD AS sejak 2006 telah memborong H145M sebagai "Light Utility Helicopter" dan disebut sebagai “UH-72 Lakota" sebanyak 460 buah.

Kunjungan Kasau ini menandai langkah penting dalam menjalin hubungan kerjasama yang lebih erat antara TNI AU dan Airbus Helicopters, yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Diharapkan kunjungan ini akan menghasilkan kerangka kerja yang solid untuk pembuatan, pengadaan dan penggunaan helikopter yang lebih efisien dan efektif, serta mendukung industri pertahanan dalam negeri, untu meningkatkan kemampuan dan kemandirian menjaga kedaulatan dan keamanan nasional kita.
Sumber foto: TNI AU dan PT DI

Subscribe to receive free email updates: