Litbanghan Puspalad Hasilkan Kendaraan Khusus Pengangkut Amunisi Roket Astros

09 Oktober 2023

Kendaraan khusus pengangkut amunisi Roket Astros karya Litbanghan Puspalad (all photos : TNI AD)

Alutsista Litbanghan Puspalad Ditampilkan Pada HUT ke -78 TNI di Monas

JAKARTA, tniad.mil.id – Beberapa Alutsista TNI AD hasil penelitian dan pengembangan pertahanan (Litbanghan) Pusat Peralatan Angkatan Darat (Puspalad) turut ditampilkan pada Defile Alutsista TNI dalam rangka HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (5/10/2023).

Salah satu Alutsista yaitu kendaraan khusus pengangkut amunisi Roket Astros. Alutsista tersebut merupakan Hasil Produk Dari Kegiatan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Peralatan TNI Angkatan Darat, yang mana kendaraan ini adalah produk hasil karya anak bangsa.


Keunggulan dari kendaraan tersebut ialah mampu mengatasi kesulitan pasukan artileri medan dalam kegiatan latihan dan pertempuran. Alutsista ini, sudah didukung dengan kemampuan sistem penggerak roda 6 x 6 yang dapat mempermudah kendaraan pada saat melewati medan taktis maupun saaat bermanuver.

Kendaraan ini mengusung mesin berkapsitas 7800 CC dengan panjang kendaraan 11.5 meter, lebar 2,6 meter dan tinggi 3,8 meter. Kendaraan ini mampu memuat 8 kontainer amunisi Roket Astros dan dilengkapi dengan Crane.


“Kendaraan ini dapat beroperasi selama 10 menit dan dilengkapi dengan outrigger yang dapat menyesuaikan pada saat medan off road, “ ungkap Dirbinlitbang Puspalad Kolonel Cpl Teguh Gunandi S.E.

Selain itu, kendaraan ini juga dapat dimultifungsikan sebagai gudang amunisi lapangan untuk Munisi Kaliber Kecil (KKK) dan Munisi Kaliber Besar (MKB). 

Subscribe to receive free email updates: