Singapore Memilih Colt's IAR sebagai Senjata SAW Baru

05 Mei 2023

Colt Infantry Automatic Rifle IAR-6940 (photo : Jane's)

Angkatan Darat Singapore telah memilih produsen senjata api Amerika Colt's Infantry Automatic Rifle 6940 (IAR6940) sebagai section automatic weapon (SAW) baru untuk menggantikan light machine gun (LMG) Ultimax 100 Mk2 5,56 mm milik ST Engineering.

“Sebagai bagian dari upaya modernisasi kekuatan yang berkelanjutan, tentara kami telah melakukan uji coba dan evaluasi ekstensif terhadap berbagai model senjata. Colt IAR6940 telah dinilai sebagai pengganti yang cocok untuk SAW,” kata Kementerian Pertahanan Singapore (MINDEF) kepada Janes.

Pada saat publikasi, MINDEF belum menjawab permintaan Janes untuk berkomentar tentang jumlah senapan yang akan dibeli, anggaran, dan jadwal untuk digunakan oleh tentara.

Janes mengetahui bahwa IAR Colt bersaing dengan IAR M27 5,56 mm Heckler & Koch untuk program seleksi SAW Angkatan Darat Singapore yang baru.

Menurut Janes Weapons: Infantry, Colt IAR adalah LMG berdasarkan keluarga M16 Rifle/M4 Carbine. Ini telah dirancang untuk memberikan tembakan otomatis penuh yang berkelanjutan. Itu didasarkan pada Colt Automatic Rifle (CAR) yang dikembangkan sebelumnya oleh perusahaan, tetapi lebih ringan dengan laras yang lebih pendek dan laju tembakan yang lebih tinggi.

Colt IAR adalah kaliber 5,56 mm, dioperasikan dengan gas, berpendingin udara, magasin, senjata api selektif yang dirancang untuk memberikan periode tembakan otomatis penuh yang diperpanjang.

Laras berlapis krom internal sepanjang 406 mm dilengkapi dengan bilik untuk peluru 5,56×45 mm, profil riflingnya enam alur dengan tingkat putaran kanan satu putaran dalam 178 mm.

Subscribe to receive free email updates: