Mitsubishi Menawarkan MRSS untuk Angkatan Laut Malaysia

29 Mei 2023

Mitsubishi Heavy Industries telah menampilkan model Kapal Multi-Role Support Ship (MRSS) yang diusulkan untuk memenuhi persyaratan dalam Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (photo : Jane's)

Mitsubishi Heavy Industries (MHI) meluncurkan model Multi-Role Support Ship (MRSS) barunya di Pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023.

Seorang juru bicara MHI mengatakan kepada Janes bahwa pengerjaan desain MRSS baru dimulai dua hingga tiga tahun lalu. Namun, juru bicara tersebut mengatakan bahwa desain tersebut belum selesai dan dapat berubah berdasarkan kebutuhan angkatan laut.

MRSS MHI diposisikan untuk memenuhi persyaratan di Royal Malaysian Navy (RMN) dan angkatan laut regional lainnya. MHI menyatakan tertarik untuk mengikuti program RMN MRSS namun menunggu rilis request for information (RFI) atau tender.

MRSS MHI merupakan kapal angkut yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan termasuk pengerahan logistik untuk bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana (HADR).

MRSS memiliki panjang keseluruhan 160 m, lebar maksimum 24 m, dan draft 6 m. Propulsi disediakan oleh dua set mesin diesel yang memungkinkan kecepatan tertinggi 20 knot.

Kapal dapat menampung awak 150 personel dan dapat membawa hingga 500 personel. Itu juga dapat membawa dua kapal pendarat mekanis (LCM), 24 kendaraan darat besar, dan dua helikopter ukuran sedang. MRSS juga dilengkapi dengan meriam 76 mm dan meriam 40 mm.

Subscribe to receive free email updates: