Kapal Selam Type 218SG Dibawa Pulang Dengan Kapal Cargo Besar

24 Mei 2023

RSS Impeccable loading ke kapal carfo besar Rolldock Storm (photos : Schlepp-und Fährgeselleschaft Kiel)

Unggahan Twitter dari Johann pada 19 Mei 2023 lalu memperlihatkan kapal selam RSS Impeccable sedang loading di kapal cargo besar Rolldock Storm bertempat di Kiel, Jerman  pada tanggal 18 Mei 2023 lalu.

RSS Impeccable dikirim mendahului kapal selam pertama RSS Invincible untuk dibawa pulang ke Singapura. Sebelumnya pada bulan Februari lalu Menteri Pertahanan Ng Eng Hen telah menyampaikan bahwa kapal selam Type 218SG segera dibawa pulang ke Singapura. 


RSS Impeccable (kapal selam kedua) dan RSS Illustrious (kapal selam ketiga) telah  diluncurkan di galangan Thyssenkrupp Marine Systems (TKMS) di Kiel, Jerman pada bulan Desember 2022 dan selanjutnya kedua kapal selam ini mengikuti proses sea trial.

Singapura membeli 2 kapal selam Type 218SG pada tahun 2013 dan dua lagi pada tahun 2017. Komisioning keempat kapal selam dengan panjang 70m dan bobot penuh 2.200 ton diharapkan selesai pada tahun 2024.

Keempat kapal selam baru berpenggerak mesin diesel yang diperlengkapi dengan AIP (Air-Independent Propulsion) ini akan menggantikan kapal selam  Challenger-class dan Archer-class buatan Swedia yang saat ini dioperasikan Angkatan Laut Singapura. 

(Defense Studies)

Subscribe to receive free email updates: