Havelsan Memasok CMS untuk Fregat Arrowhead 140 Baru Indonesia

27 Mei 2023

VLS rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak menengah dan jarak jauh Fregat Arrowhead 140/Fregat Merah Putih seperti yang dipamerkan pada Indodefence 2022 (photo : Defense Studies)

Havelsan Turki akan melengkapi fregat Arrowhead 140 Angkatan Laut Indonesia yang baru dengan Sistem Manajemen Tempur/Combat Management System (CMS) Advent, kata perusahaan itu kepada Janes di Pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023 di Malaysia.

Fregat sedang dibangun oleh pembuat kapal milik negara Indonesia PT PAL, dengan pemotongan baja kapal pertama pada Desember 2022.

Arrowhead 140 adalah kelas ketiga dari kapal perang Indonesia yang rencananya akan dilengkapi dengan CMS Advent. Kelas lainnya termasuk kapal patroli lepas pantai (OPV) 90 m yang sedang dibangun di PT Daya Radar Utama dan kapal cepat rudal KCR-60M yang dibangun oleh PT Tesco Indomaritim.

VLS rudal permukaan-ke-permukaan Fregat Arrowhead 140/Fregat Merah Putih seperti yang dipamerkan pada Indodefence 2022 (photo : Defense Studies)

Kelompok perusahaan pertahanan Inggris Babcock menandatangani perjanjian lisensi desain dengan PT PAL pada September 2021, yang mendukung pembangunan dua fregat Arrowhead 140 di fasilitas pembuat kapal Indonesia di Surabaya. Arrowhead 140 didasarkan pada desain fregat kelas Iver Huitfeldt yang sebelumnya dikembangkan untuk Angkatan Laut Kerajaan Denmark. Proyek ini telah disebut secara lokal sebagai program fregat 'Merah Putih'.

Kesesuaian senjata yang telah diusulkan untuk persyaratan Arrowhead 140 Indonesia termasuk sistem peluncuran vertikal (VLS) adalah :
-VLS 12-sel untuk rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak menengah, 
-VLS 12-sel terpisah untuk SAM jarak jauh, 
-VLS 16 -cell untuk rudal permukaan-ke-permukaan, 
-dua senjata angkatan laut 76 mm, dan 
-sistem senjata jarak dekat (CIWS) 35 mm.

Subscribe to receive free email updates: