Dua Kapal IPV Bekas Selandia Baru Tiba di Irlandia

30 Mei 2023

Dua IPV kelas Lake bekas yang dibeli dari pemerintah Selandia Baru untuk Dinas Angkatan Laut Irlandia telah tiba di negara tersebut (photo : DoD Irlandia)

Dua kapal patroli pantai (IPV) kelas Lake bekas yang dibeli dari Selandia Baru untuk melengkapi Irish Naval Service (INS) telah tiba di Irlandia.

Kedua kapal, bekas HMNZS Rotoiti dan HMNZS Pukaki, tiba di Ringaskiddy, Cork, di atas kapal angkut berat yang terdaftar di Belanda "Happy Dynamic" pada 14 Mei, menyelesaikan transit selama sebulan dari Auckland, Selandia Baru. IPV kemudian diturunkan dan ditarik ke Pangkalan Angkatan Laut Haulbowline untuk dikirim ke INS pada 16 Mei.

IPV sekarang akan menjalani program kerja untuk menyesuaikan peralatan tambahan dan periode pelatihan awak. Menurut Departemen Pertahanan Irlandia (DoD), kedua kapal dijadwalkan mulai beroperasi pada awal 2024 dan awalnya akan beroperasi dari Pangkalan Angkatan Laut Haulbowline.

Pengangkutan 2 kapal IPV ke Irlandia (photo : Irish Examiner)

Ex-HMNZS Rotoiti dan ex-HMNZS Pukaki dibeli oleh DoD Irlandia pada Maret 2022 dalam perjanjian antar pemerintah senilai EUR26 juta (USD28,2 juta). Sebelum dikirim ke Irlandia, kedua kapal menyelesaikan program kerja untuk mengembalikannya ke Klasifikasi Lloyds di Selandia Baru.

Dibangun oleh BAE Australia (sebelumnya Tenix Defense Systems) di Whangarei, Selandia Baru, dari tahun 2006 sebagai bagian dari pesanan empat kapal dan memasuki layanan dengan Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru (RNLN) pada tahun 2009, Rotoiti dan Pukaki menyelesaikan hampir 10 tahun operasi sebelum dinonaktifkan pada akhir 2019.

Kapal tersebut dibeli oleh DoD untuk menggantikan dua kapal patroli pantai kelas Peacock (P 41) milik INS, LÉ Orla (P 41) dan LÉ Ciara.

Subscribe to receive free email updates: