Singapore akan Lengkapi Sentinel MSRV class dengan Non-Lethal Weapon System

07 Mei 2023

Sistem penstabil akustik multiperan (multirole acoustic stabilised system) pada MSRV Sentinel (photo : Jane's)

Kapal maritime security and response vessels (MSRV) kelas Sentinel Angkatan Laut Republik Singapore (RSN) sedang dilengkapi dengan sistem penstabil akustik/multirole acoustic stabilised system (MASS) multirole dari Sitep Italia.

Sistem senjata non-mematikan terlihat di kelas satu, MSRV Sentinel, selama segmen tampilan kapal perang dari pameran angkatan laut IMDEX 2023 yang berlangsung di Pangkalan Angkatan Laut Changi dari 3 hingga 5 Mei.

Janes telah memverifikasi bahwa sistem tersebut akan dipasang di keempat kapal di kelas Sentinel. Setiap kapal menerima dua unit MASS yang dipasang di tumpuan, dan ini dipasang di essel's port and starboard bridge wings.

Sentinel class MSRV (photo : RSN)

MASS adalah sistem senjata tidak mematikan yang dikendalikan dari jarak jauh yang dirancang untuk ancaman maritim asimetris seperti bajak laut, penyelundup, dan kapal penangkap ikan ilegal. Fitur utama sistem ini adalah perangkat pemanggil akustiknya, yang dapat memproyeksikan instruksi dan peringatan audio pada jarak hingga 3.000 m. Perangkat ini juga dapat menimbulkan suara yang menimbulkan rasa sakit pada jarak hingga 125 m.

Selain akustik hailer, MASS juga dilengkapi dengan laser dazzler 5.000 mW yang dapat membutakan targetnya untuk sementara. Dazzler dapat dioperasikan dalam mode strobo atau kontinu.


Selain efektor tidak mematikan ini, MASS telah digabungkan dengan lampu sorot xenon, pengintai laser, dan kamera termal dan definisi tinggi (HD) untuk membantu kru dengan identifikasi target dan misi pencarian dan penyelamatan.

Sitep Italia juga bermitra dengan pabrikan lampu spesifikasi militer Denmark Wiseled untuk menawarkan varian iluminator laser dari MASS, yang menjanjikan kemampuan proyeksi cahaya yang lebih baik. Varian ini dilengkapi dengan iluminator laser Falcon Wiseled, bukan lampu sorot xenon.

Subscribe to receive free email updates: