Uji Terbang N219 Amfibi Ditargetkan Agustus 2024

21 Desember 2023

Acara IDF 2023 di Batam, Riau (photo : PTDI)

Batam  — Dalam rangka acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN RI/Bappenas di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kepulauan Riau, PTDI tekankan pengembangan pesawat N219 dan N219 Amphibious untuk peningkatan konektivitas antar pulau di Indonesia, terutama di wilayah Kepulauan Riau.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama PTDI, Gita Amperiawan hadir sebagai pembicara untuk mengulas bagaimana peranan pesawat N219 dan N219 Amphibious dalam era baru konektivitas pulau-pulau Nusantara, yang kemudian dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, serta penyebaran pusat-pusat pertumbuhan ke wilayah yang belum berkembang.

Potensi kebutuhan pesawat amfibi
Disaksikan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, Gita Amperiawan menyampaikan bahwa pesawat N219 memainkan peran penting dalam memenuhi seluruh rute perintis di wilayah Kepulauan Riau secara optimum, termasuk dukungan Bappenas dalam pengembangan pesawat N219 Amphibious untuk membuka akses dan menjangkau pulau-pulau kecil di Kepulauan Riau yang belum memiliki bandara/airstrip, serta membuka peluang pengembangan pariwisata dan kekayaan alam laut di pulau-pulau kecil tersebut.

Saat ini tercatat sebanyak 8 unit populasi pesawat amfibi di Indonesia, dimana potensi kebutuhan pesawat amfibi di Indonesia dalam 10 tahun kedepan adalah sebanyak 54 unit dan kebutuhan tersebut direncanakan dapat dipenuhi oleh pesawat N219 Amphibious – target uji terbang bulan Agustus 2024.

Subscribe to receive free email updates: