KSAL Ungkap Rencana Pembangunan 3 Kapal Patroli, Diprioritaskan ke Indonesia Timur

22 Desember 2023

Kapal Patroli PC 60 M KRI Marlin-877 dan Special Mission Combat Boat Patkamla Jefman (photos : TNI AL)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengungkapkan rencana bahwa TNI AL akan membangun dua hingga tiga kapal patroli lagi pada 2024. 

Hal itu diungkapkan KSAL Ali pada acara delivery ceremony dan pengukuhan komandan KRI Marlin-877 dan Patkamla Jefman di Dermaga Utara Baru I, Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Rabu (20/12/2023). 

“Untuk pengadaan dari anggaran rutin TNI AL, kita akan membangun kapal lagi, tepatnya sekitar dua sampai tiga kapal,” kata Ali, dikutip dari siaran pers Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), Kamis petang. 

Rencananya, kapal patroli keamanan laut (patkamla) tersebut akan dibangun oleh perusahaan dalam negeri. 

“Semuanya dibangun di dalam negeri sesuai dengan perintah Presiden (Joko Widodo) untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri dan industri perkapalan dalam negeri,” ujar Ali. 

KSAL Ali juga menyampaikan bahwa kebutuhan akan kapal-kapal patroli penempatannya diprioritaskan di wilayah Indonesia Timur, tepatnya di wilayah operasi Komando Armada (Koarmad) III. 

“Di mana pada saat ini pemenuhan akan kapal patroli di wilayah Koarmada III masih dirasa kurang, dihadapkan dengan luasnya wilayah operasi dan ancaman potensial yang dihadapi seperti permasalah wilayah perbatasan, penyelundupan, illegal fishing, narkotika, dan ancaman-ancaman lainnya,” ucap Ali. 

Terbaru, KSAL Ali meresmikan KRI Marlin-877 dan Patkamla Jefman serta pengukuhan komandan di Dermaga Utara Baru 1, Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Rabu. 

Ali mengatakan, kapal Patroli Cepat (PC) 60 meter dan Special Mission Combat Boat itu adalah jawaban strategis yang efektif dan efisien dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas operasi keamanan laut. 

KRI Marlin-877 bakal memperkuat jajaran Koarmada II Satuan Patroli Lantamal VI Makassar. 

Sementara itu, Patkmala Jefman akan memperkuat Koarmada III, khususnya Lantamal XIV Sorong.

(Kompas)

Subscribe to receive free email updates: