Kasal Jajal Kecanggihan Pesawat Patroli Anti Kapal Selam P-8 Poseidon US Navy

19 Desember 2023

Kasal saat joy flight dengan P-8 Poseidon US Navy (all photos : TNI AU, TNI AL)

Ancaman laut modern seperti kapal selam ternyata harus diatasi menggunakan alutsista udara. Terkait hal ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali berkesempatan menjajal kecanggihan Pesawat P-8 Poseidon nomor register 340 milik U.S. Navy saat acara Joy Flight on Board di Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jumat (15/12).

Pesawat P-8 Poseidon adalah pesawat patroli maritim milik AL AS untuk multi-misi yang dirancang mampu melaksanakan berbagai misi, termasuk operasi anti-kapal selam, operasi anti-pesawat permukaan, dan operasi pencarian dan penyelamatan.


Pesawat ini dilengkapi dengan berbagai sensor canggih, seperti radar, sonar, dan kamera elektro-optik, yang memungkinkannya untuk mendeteksi dan melacak target di laut.

Dalam acara Joy Flight on Board, Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali berkesempatan menyaksikan secara langsung kecanggihan Pesawat P-8 Poseidon. Kasal juga memberikan apresiasi kepada Angkatan Laut AS atas kerja sama yang telah terjalin antara TNI AL dengan Angkatan Laut AS dalam bidang operasi maritim sejak lama. 

Kerja sama ini diharapkan dapat terus ditingkatkan di masa mendatang, sehingga dapat memperkuat pertahanan maritim Angkatan Bersenjata kedua negara. (TNI AU)



Penerbang Wing Udara 2 Kenali Pesawat P-8 Poseidon US Navy

TNI AL, Dispen Puspenerbal - Rangkaian kegiatan kehadiran P-8A Poseidon dari US Navy Skadron VF-5 Senin (11/12) lalu tidak hanya berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait Peperangan Laut saja, Pada Rabu (13/12) lalu, Komandan Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 Puspenerbal, Mayor Laut (P) Iwan dikenalkan lebih jauh soal Pesawat P-8A ini oleh perwira penerbang dari US Navy.

Para Perwira Penerbang dari Wing Udara 2 ini juga sempat menjajal masuk ke dalam kabin P-8A yang notabennya ruang terbatas bagi personel diluar para pengawaknya, hal ini tentu kesempatan luar biasa bagi penerbang Wing Udara 2, khususnya Skuadron Udara 800 yang menjadi ujung tombak bagi Patroli Maritim di Wilayah Indonesia.


Pesawat Boeing P-8A Poseidon (dahulu disebut sebagai Multimission Maritime Aircraft atau MMA) adalah pesawat militer saat ini sedang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (USN). Pesawat yang dikembangkan oleh Boeing Defense, Space & Security, dimodifikasi dari 737-800. Pembuatan pesawat P-8 dimaksudkan untuk melakukan operasi anti-kapal selam (ASW) dan untuk terlibat dalam peran intelijen elektronik (ELINT). Kemampuan yang diketahui dari pesawat ini adalah kemampuannya membawa torpedo, rudal anti-kapal SLAM-ER, dan senjata lainnya sebagai penduking operasi peperangan laut. (TNI AL)

Subscribe to receive free email updates: