TNI AL Bakal Miliki Pangkalan Baru di Gorontalo Utara

04 Juni 2023

Lanal Kwandang, Gorontalo Utara (image : GoogleMaps)

GORONTALO, KOMPAS.TV - Demi memaksimalkan pengawasan di perairan Gorontalo yang notabene berbatasan langsung dengan Negara tetangga Philipina, TNI angkatan laut saat ini sedang mempersiapkan pembentukan pangkalan di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Saat pertemuan dengan sejumlah perwakilan media di Gorontalo Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Gorontalo Letkol Laut (P) Indra Giri Yani Wardhono menyebut, pangkalan baru ini akan dibangun di wilayah Kwandang. Tepatnya di Kecamatan Anggrek. Diharapkan dukungan pemerintah daerah Gorontalo Utara dan pemerintah Provinsi Gorontalo akan mempercepat proses pembentukannya.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Gorontalo Letkol Laut (P) Indra Giri Yani Wardhono juga menyampaikan, pembangunan sudah dimulai dengan membangun Pos penjagaan yang nantinya akan diikuti dengan pembangunan Markas Pangkalan dan sarana prasarana lainnya.

Pembentukan LANAL baru di wilayah Kwandang Gorontalo Utara menurutnya akan memberikan manfaat besar dalam hal menjaga kedaulatan NKRI di laut sebelah selatan Gorontalo. Pangkalan ini juga akan memperkuat pengamanan wilayah sekitar Ibu Kota Nusantara.

LANAL Kwandang akan dipimpin oleh perwira berpangkat Letnal Kolonel, dengan sendirinya LANAL Gorontalo akan naik type yang di pimpin oleh perwira berpangkat Kolonel.

Dengan berdirinya pangkalan baru, Letkol Laut (P) Indra Giri Yani Wardhono berharap, akan ada penambahan armada kapal patroli untuk memaksimalkan tugas TNI Angkatan Laut dalam menjaga perairan Gorontalo.

Subscribe to receive free email updates: