Caracal Menawarkan Senapan CAR 816 kepada Angkatan Darat Malaysia

16 Juni 2023

Senapan CAR 816 dilengkapi dengan kartrid 5,56 × 45 mm (photo : Edge)

Anak perusahaan Caracal, produsen senjata ringan Uni Emirat Arab, Edge Group, telah menawarkan senapan serbu CAR 816 kepada Angkatan Darat Malaysia.

Seorang juru bicara Edge mengatakan kepada Janes bahwa Caracal sedang "berdiskusi" dengan Angkatan Darat Malaysia mengenai kemungkinan penjualan CAR 816 ke layanan tersebut.

Pada akhir Mei Caracal menandatangani perjanjian dengan Ketech Asia untuk produksi dan penjualan kembali senapan CAR 816 di Malaysia.

“Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua perusahaan akan melakukan transfer teknologi yang memungkinkan Ketech Asia untuk merakit senapan serbu taktis CAR 816 di fasilitas barunya di Pahang, untuk mendukung persyaratan Angkatan Bersenjata Kerajaan Malaysia,” kata Edge saat itu.

Menurut Janes Weapons: Infantry, senapan serbu CAR 816 menggunakan peluru kaliber 5,56×45 mm. CAR 816 didasarkan pada desain ArmaLite AR-15.

CAR 816 mendapatkan isian dari baja bulat atau magasin polimer pola M16. CAR 816 dipasang dari pabrik dengan backup iron sight (BUIS) yang terdiri dari tiang depan dan bukaan belakang.

Menurut sebuah laporan berita Malaysia, tentara juga berencana untuk membeli senjata sub-mesin CMP9 dan senapan sniper semi-otomatis CSA 338 dari Caracal.

Subscribe to receive free email updates: