Kapal Kepresidenan KRI Bung Karno 369 Diresmikan

02 Juni 2023

KRI Bung Karno 369 (photo : Antara)

Perkuat Jajaran Satkor Koarmada I, Pangkoarmada I Hadiri Peresmian KRI Bung Karno-369

TNI AL, Koarmada I -- Panglima Komando Armada I, Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menghadiri peresmian KRI Bung Karno yang dipimpin langsung oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri yang didampingi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Ketua DPR RI Puan Maharani bertempat di Mako Kolinlamil Jakarta Utara, Kamis 1 Juni 2023.

KRI Bung Karno 369 (photo : Viva Militer)

Kapal Korvet produksi dalam negeri KRI Bung Karno-369 hadir untuk memperkuat Satuan Kapal Eskorta Komando Armada I yang akan dioperasionalkan dalam mendukung pelaksanaan Operasi Militer untuk Perang (OMP), serta mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Selain itu korvet baru ini akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-814 yang sudah beroperasi selama 27 tahun.

Penamaan KRI Bung Karno serta momentum delivery kapal tersebut pada tanggal 1 Juni bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila memiliki harapan KRI tersebut dapat meneladani kebulatan tekad dan kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menjaga kedaulatan negara.

KRI Bung Karno 369 (photo : Antara)

Kapal ini akan dipersenjatai dengan satu Meriam Leonardo 40 mm, dua Senapan Mesin Berat 20 mm, dan dua Peluncur Rudal Permukaan ke Udara. Bung Karno akan dilengkapi dengan terpedo dan sonar, serta dirancang mampu membawa helikopter Panther dan memiliki helly deck yang mirip dengan korvet kelas Bung Tomo.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan Upacara Pengukuhan Komandan KRI Bung Karno-369 oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang mengukuhkan Letkol Laut (P) Krido Satrio Utomo menjadi Komandan Pertama.

(Kormada 1)

Subscribe to receive free email updates: