Hanwha Memulai Produksi AS9 Huntsman SPH untuk AD Australia

28 Juni 2023

Hanwha akan memasok 30 AS-9 SPH 155mm dan 15 AS-10 AARV kepada Australia (photo : HDA)

Hanwha Defense Australia (HDA) telah memulai produksi kendaraan keluarga AS9 dan AS10 Huntsman untuk Angkatan Darat Australia di bawah program Land 8116 Fase 1 negara itu, kata perusahaan itu kepada Janes pada 26 Juni.

Di bawah program ini, Departemen Pertahanan Australia (DoD) menandatangani kontrak senilai AUD1 miliar (USD667 juta) dengan HDA untuk memasok 30 self-propelled howitzer (SPH) AS9 155 mm dan 15 kendaraan pemasok amunisi lapis baja AS10 (AARV).

Seorang juru bicara dari HDA mengatakan produksi tiga kendaraan pertama – dua AS9 dan satu AS10 – yang akan dikirim ke Angkatan Darat Australia sedang berlangsung di pabrik produksi Hanwha di Changwon, Korea Selatan.

Juru bicara menambahkan bahwa produksi 28 AS9 dan 14 AS10 yang tersisa – yang perlu diproduksi di Australia – di bawah kontrak akan dimulai pada tahun 2024.

“Produksi kendaraan buatan Australia akan dimulai tahun depan. Pembangunan Pusat Keunggulan Kendaraan Lapis Baja Hanwha/Hanwha Armoured Vehicle Centre of Excellence (H-ACE) di Geelong di mana kendaraan Huntsman akan dibangun saat ini lebih cepat dari jadwal dan akan selesai tahun depan, ”tambah juru bicara itu.

Juru bicara juga mengindikasikan bahwa jadwal pengiriman kendaraan telah dipercepat melalui jadwal baru yang telah disepakati. Namun, juru bicara itu tidak menjelaskan lebih lanjut.

Subscribe to receive free email updates: