LIG Nex1 Luncurkan Desain Terbaru dari Pengembangan CIWS-II di MADEX 2023

11 Juni 2023

LIG Nex1 CIWS II (photo : KDB)

Pada dasarnya sistem ini adalah Goalkeeper yang dimodernisasi, CIWS-II menggabungkan radar asli, sensor elektro optik, dan sistem pengendalian tembakan. Dibandingkan dengan sistem lama, CIWS-II diiklankan sebagai sistem yang lebih akurat, lebih tersembunyi, dan umumnya lebih mudah dirawat. Mempunyai fitur 4x radar pencarian AESA, 1x radar pelacakan AESA, 1x EOTS, dan 1x 30mm gatling gun.

Angkatan Laut Republik Korea mengadopsi Goalkeeper CIWS di akhir tahun 90-an dan 2000-an sebagai CIWS utamanya. Meskipun ROKN sangat puas dengan daya tembak Goalkeeper, mereka beralih ke Phalanx CIWS di tahun 2010-an. Beberapa alasan yang dilaporkan adalah bahwa Goalkeeper tidak memiliki pembaruan perangkat lunak modern dan menempati ruang di bawah dek.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, biaya Phalanx CIWS dilaporkan berlipat ganda dan keefektifan amunisi 20mm terhadap ancaman anti-kapal modern telah dipertanyakan. Dengan demikian, ROKN menganggap akan lebih praktis dan ekonomis untuk mengejar pengembangan CIWS asli. LIG Nex1 akhirnya terpilih sebagai kontraktor utama untuk program CIWS-II.

CIWS-II akan melengkapi kapal perang ROKN saat ini dan masa depan, termasuk kapal perusak kelas Hebat Jeongjo dan fregat kelas Chungnam yang telah diluncurkan.

Subscribe to receive free email updates: