Kemhan RI Terima 2 Kapal MCMV dari Galangan Kapal Abeking & Rasmussen

01 Juni 2023

KRI Pulau Fani 731 dan KRI Pulau Fanildo 732 (photo : istimewa)

Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, menghadiri acara Delivery dua kapal Mine Counter-Measure Vessel atau MCMV tipe MHV-60, di Galangan Kapal Abeking & Rasmussen, Lemwerder, Jerman, Jumat (26/5).

Dua kapal berkemampuan pemburu ranjau untuk memperkuat jajaran TNI AL itu, masing-masing KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732, juga memiliki keunggulan sebagai kapal survei alur dan kontur bawah air serta Search and Rescue atau SAR terbatas.

“Kita sama-sama telah menyaksikan penandatanganan dokumen penyerahan dua unit kapal MCMV dari Abeking & Rasmussen ke Kemhan RI, kemudian dari Kemhan RI ke TNI AL. Saya yakin dua unit MCMV ini dapat menjawab segala tantangan pertahanan dan keamanan saat ini dan masa depan,” kata Menhan Prabowo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wamenhan M. Herindra.

Proyek pengadaan dan penyelesaian MCMV merupakan bentuk sinergi dari instansi terkait, termasuk Kementerian Luar Negeri, Satgas MCMV, dan Kedubes RI untuk Republik Federal Jerman.

(Kemhan)

Subscribe to receive free email updates: