Hanwha Ocean Mempermanis Tawaran Kapal Selam ke Angkatan Laut Filipina dengan Sistem KSS-III

09 Juni 2023

Model kapal selam kelas Hanwha Ocean 1400 (dahulu DSME 1400), yang menjadi dasar proposal yang dikirim ke Angkatan Laut Filipina, dipamerkan di MADEX 2023 (photo : Jane's)

Hanwha Ocean telah menaikkan tawaran dalam upayanya untuk memasok Angkatan Laut Filipina dengan dua kapal selam diesel-listrik dengan menawarkan sistem tempur pilihan yang ditemukan di kapal kelas Dosan An Chang-ho (KSS-III) Korea Selatan.

Ini termasuk sistem tempur yang akan diekspor dari Korea Selatan untuk pertama kalinya seperti hull sonar yang dipasok LIG Nex1 yang ditemukan di kapal selam KSS-III, yang rinciannya dirahasiakan.

Hal tersebut diungkapkan oleh perwakilan Hanwha Ocean yang berbicara dengan Janes di pameran MADEX 2023 di Busan yang berlangsung dari 7 hingga 9 Juni.

Perusahaan memposisikan turunan dari Hanwha Ocean 1400 (sebelumnya dikenal sebagai DSME 1400) untuk kebutuhan dua kapal Angkatan Laut Filipina.

Tawaran itu dipermanis karena perusahaan diberitahu bahwa anggaran untuk pengadaan kapal selam kini telah dinaikkan dari PHP70 miliar (USD1,24 miliar) menjadi PHP97 miliar.

“Dengan peningkatan anggaran ini, kami sekarang dapat menawarkan kepada Angkatan Laut Filipina sebuah solusi yang lebih mampu jika dibandingkan dengan pesaing kami,” kata perwakilan dari tim pemasaran luar negeri Hanwha Ocean.

Selain sistem tempur, komponen KSS-III lain yang ditawarkan kepada Angkatan Laut Filipina adalah varian non-air independent propulsion (AIP) dari mesin kelas Dosan An Chang-ho, yang lebih hemat bahan bakar dan lebih mudah dirawat, perwakilan tersebut dikatakan.

Subscribe to receive free email updates: