Usai Super Hercules, TNI AU Bakal Diperkuat 2 Pesawat Airbus A400M

18 Agustus 2023

Perakitan pesawat angkut Airbus Military A400M (photo : Financial Tribune)

Jakarta, CNN Indonesia -- TNI Angkatan Udara akan kedatangan dua unit pesawat angkut Airbus A400M dalam beberapa waktu ke depan. Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah menandatangani kontrak pembelian pesawat tersebut pada akhir 2021.

"Kalau yang A400 dari Airbus, kita sudah kontrak dan sudah dalam proses, kita menunggu delivery. Kita sudah kontrak dua buah, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan segera mendapatkan pesawat tersebut," kata Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (15/8).

Herindra mengatakan pengadaan pesawat itu merupakan komitmen dari Kemhan untuk memperkuat pertahanan.

"Sehingga ke depan TNI kita akan semakin kuat disegani oleh lawan maupun kawan," ujarnya.

Ia menyampaikan Kemhan juga bakal memodernisasi alutsista TNI yang sudah tua. Sejauh ini, Kemhan juga telah membeli lima Pesawat C-130J Super Hercules. Tiga di antaranya telah tiba di Indonesia dan diserahkan kepada TNI AU.

"Karena memang sementara kita baru ada anggaran untuk lima, tapi ke depannya kita akan mengganti semua alutsista kita yang sudah rusak dengan alutsista yang baru," kata Herindra.

Sebelumnya, kontrak pembelian Airbus A400M ditandatangani di sela-sela acara Dubai Airshow 2021 dan berlaku efektif pada 2022.

Kontrak mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap. Kemhan RI juga menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk akuisisi empat A400M di masa mendatang.

Melansir website Kemhan, A400M disebut mampu diandalkan untuk pengangkutan taktis dan pengiriman personel dan barang untuk pendaratan di berbagai medan.

Untuk pengangkutan strategis, A400M dapat mengangkut barang-barang dan alat logistik yang berat dan berdimensi lebar. Ruang angkut maksimal pesawat ini dapat menampung beban hingga 37 ton.

A400M adalah airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti truk bahan bakar berkapasitas 80 ton dan ekskavator.

Selain itu, pesawat ini mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan lengkap siap tempur, dan juga mampu mengangkut Patriot Launcher dan Hemtt Truck, 9 Palet Military beserta 54 personel sekaligus.

(CNN)

Subscribe to receive free email updates: