Fincantieri Targetkan Indonesia Memesan Kapal Selam Type 212NFS

27 Agustus 2023

Nevio Parodi memberikan comment dalam unggahan Fincantieri (image : linked in)

Comment Nevio Parodi atas unggahan Fincantieri di media-sosial linked in akhir Juli lalu menyentak defence netizen Indonesia, betapa tidak, Regional Sales Director Fincantieri untuk kawasan  Asia Pacific ini menargetkan Indonesia sebagai pasar kapal selam Type 212NFS (U212NFS) berikutnya setelah Italia memutuskan untuk meneruskan batch kedua kapal selam yang juga dikenal sebagai Todaro class ini.

Kita lihat bagaimana exposure kapal selam yang saat ini seharga 500 juta euro (540 juta usd) yang telah menggunakan baterai lithium ion sebagai propulsinya ini.

Type 212, Kapal Selam Mungil Paling Tenang di Dunia

Generasi kapal selam Bundesmarine Jerman saat ini adalah Tipe 212A (alias U-212A), kapal selam yang mendapatkan reputasi sebagai kapal selam yang andal dan canggih. Meski kapal selam Jerman tertinggal di belakang negara lain setelah Perang Dunia II tetapi Tipe 212A adalah desain yang mumpuni dengan reputasi yang kuat.

Kapal selam Type 212A (alias U-212A) yang mendapatkan reputasi sebagai kapal selam yang andal dan canggih dikembangkan oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft AG (HDW) untuk Angkatan Laut Jerman dan Italia. Kapal selam Type 212A adalah yang pertama menggunakan Fuel Cell AIP (Air Independent Power).


Kapal selam Type 212A dapat beroperasi pada kecepatan tinggi dengan tenaga diesel namun beralih ke sistem AIP untuk jelajah senyap pada kecepatan lambat. Kapal selam ini dapat juga tetap terendam hingga tiga minggu dengan sedikit panas knalpot yang membuatnya hampir tidak terdetekasi.

Kapal selam Type 212A memungkinkan Jerman untuk beroperasi di daerah pesisir serta laut terbuka. Kapal selam juga dilengkapi dengan sistem komando dan kontrol yang sangat terintegrasi yang berinteraksi dengan sensor, senjata, dan sistem navigasi. Kapal selam ini menawarkan jangkauan yang lebih besar, kedalaman menyelam dan perpindahan dari kapal selam pendahulunya yang dilengkapi dengan sistem komunikasi yang lebih baik dan kemampuan pengintaian.

Kapal selam Type 212A hanya diawaki oleh lima perwira dan dua puluh dua pelaut, dan kapal selam ini memiliki dua dek. Kapal selam ini mmiliki enam tabung torpedo 533 milimeter, dimana tabung diposisikan dalam dua baris, empat sedikit mengarah ke kiri dan dua tabung ke kanan. (Tempo)


U212 NFS
Program U212 NFS (Near Future Submarine) adalah proyek Kapal Selam paling ambisius dan inovatif yang dilakukan oleh Italia.

Italia sangat ingin agar OCCAR mengelola Program ini atas nama Italia. OCCAR (dengan pengalaman 20 tahun dalam pengelolaan program sejak didirikan) memiliki rekam jejak yang terbukti dalam memenuhi dan melampaui tuntutan Negara-negara Peserta dalam membentuk Program baru dan memberikan kemampuan pertahanan baru.

OCCAR akan memastikan bahwa pengembangan Program ini sejalan dengan kriteria paling maju dari Rekayasa Sistem, Manajemen Kehidupan, Manajemen Risiko, dan Kualitas. Hal ini akan membantu membawa Program ini ke garis depan perhatian internasional, meningkatkan potensi kerjasama di masa depan dan meningkatkan visibilitas peserta industri.

Program ini berasal dari kebutuhan untuk mengamankan kapasitas pengawasan dan pengendalian spasial bawah air yang memadai dan mempertimbangkan skenario operasi bawah air yang kompleks di masa depan. Program U212 NFS akan melaksanakan banyak tugas berbeda untuk kepentingan Italia setiap hari, menanggapi permintaan dari Pemerintah Italia atau mitra Aliansi kami, yaitu NATO dan UE. Tugasnya berkisar dari misi militer murni hingga operasi yang berkaitan dengan kebebasan navigasi, anti-pembajakan, memastikan bahwa rute pasokan energi tetap aman (karena keberadaan sumber daya dasar laut atau infrastruktur bawah air), kepatuhan terhadap hukum internasional, memerangi terorisme, mempertahankan perbatasan luar negeri, dan menjaga infrastruktur maritim, termasuk infrastruktur penting di lepas pantai dan bawah air.


Program ini merupakan hasil kerja industri, universitas, dan penelitian dan pengembangan serta dapat dianggap sebagai terobosan baru di sektor UW. Perusahaan ini memanfaatkan pengalaman U212A saat ini dan memanfaatkan teknologi mutakhir di sektor mekanik, energi dan sensor, struktur, dan proyek. U212 NFS juga akan mencakup sistem tempur generasi baru dengan sistem manajemen komando dan kontrol senjata yang dikembangkan Leonardo, keduanya mencakup konten industri dan teknologi signifikan yang disediakan oleh industri, penelitian dan pengembangan Italia, serta akademisi. Platform baru ini akan memiliki lambung bertekanan yang diperluas, CIC yang dirancang ulang untuk konsol tambahan, tropisisasi (pengoperasian di air laut dengan suhu tropis), tiang yang dapat diangkat dengan listrik, bukan tiang hidrolik, sistem pemantauan kontrol teknik baru, dan BATERAI LITHIUM ION untuk sistem propulsi. Selain itu, U212 NFS akan dilengkapi untuk penyebaran rudal jelajah jarak jauh dan torpedo kelas berat nasional Leonardo Black Shark Advanced. Sistem inovatif ini juga akan disesuaikan dengan tujuan untuk memperbaiki unit sebelumnya.

Program ini juga bertujuan untuk menjunjung tinggi dan mengembangkan lebih lanjut pengetahuan industri yang strategis dan inovatif, serta mengkonsolidasikan teknologi dan meningkatkan kehadiran komponen-komponen yang berteknologi maju.

Tahap pertama dari program U212 NFS mencakup dua kapal, pengembangan teknologi baru, dukungan dalam layanan selama 10 tahun, dan perangkat pelatihan baru. Kontrak tersebut juga akan mencakup opsi untuk dua pasang kapal lagi dan dukungan layanan jangka panjang serta teknologi masa depan yang mungkin termasuk sistem Sel Bahan Bakar baru. (OCCAR)

Subscribe to receive free email updates: