Mildef Akan Memasok 178 Kendaraan Tarantula ke Angkatan Bersenjata Malaysia

09 Agustus 2023

Tarantula 4×4 High Mobility Armoured Vehicles (HMAV) (photos : Paultan)

Perusahaan Malaysia Mildef International Technologies akan memasok 178 Kendaraan Lapis Baja Mobilitas Tinggi (HMAV) Tarantula 4×4 ke Angkatan Bersenjata Malaysia, kata seorang pejabat Mildef kepada Janes pada 7 Agustus. Pejabat tersebut menambahkan bahwa pengiriman kendaraan akan dimulai dari tahun 2024.

Mildef memamerkan HMAV Tarantula miliknya di pameran pertahanan DSA 2022 di Kuala Lumpur. Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula (the Malaysian Armed Forces were looking to lease Tarantulas), dengan kontrak yang dijadwalkan akan diberikan pada tahun 2023. Pejabat Mildef belum mengkonfirmasi apakah pesanan 178 Tarantula tersebut untuk disewakan atau dibeli (The Mildef official has not confirmed whether the order for the 178 Tarantulas is for lease or purchase).

Menurut Mildef, Tarantula ditenagai mesin diesel Caterpillar berkapasitas 330 hp 7,2 liter. Kendaraan ini memiliki kecepatan onroad maksimum 110 km/jam dan dapat membawa hingga 10 personel termasuk pengemudi dan komandan. Itu juga terintegrasi dengan senapan mesin 12,7 mm yang dioperasikan Reutech dari jarak jauh.

Armor komposit kendaraan memberikan perlindungan hingga STANAG (NATO Standardization Agreement) 4569 Level 2 dan dilengkapi dengan mine blast attenuating seats, perlindungan bagian bawah STANAG 4569 Level 2B, dan perlindungan lambung STANAG 4569 Level 2A.

Kendaraan tersebut berbobot 16 ton saat dimuat dan 14 ton saat dibongkar. Panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 6,3 m, 2,5 m, dan 3 m.

Pejabat Mildef mengatakan kepada Janes di pameran bahwa versi baru Tarantula juga sedang dirancang, yang akan menampilkan persenjataan "lebih berat" dan diharapkan akan diluncurkan dalam dua tahun.

(Jane's)

Subscribe to receive free email updates: