Unggahan Utusan PM UK Tak Sengaja Ungkap Progres Fregat Merah Putih

21 Agustus 2023

Unggahan Richard Graham saat kunjungan di PT PAL (photo : twitter)

Richard Graham, Utusan Dagang (Trade Envoy) Perdana Menteri United Kingdom (UK) untuk ASEAN pada pertengahan Juni lalu datang ke Indonesia, membahas hambatan perdagangan antara UK-Indonesia. Sejumlah pejabat tinggi di Indonesia ditemuinya ; Direktur PT PAL, Gubernur Jawa Timur, Menteri Perdagangan, hingga Menko Perekonomian.

Dalam bidang pertahanan Richard Graham meninjau kerjasama Babcock International dan PT PAL Indonesia dalam pembuatan fregat Arrowhead 140 yang secara lokal dinamakan Fregat Merah Putih. Fregat yang didasarkan atas desain lambung kapal Iver Huitfeld AL Denmark ini kini telah dimiliki hak cipta desainnya oleh Babcock International sebagai fregat Type 31 Insipration class dan dipasarkan juga sebagai Arrowhead 140. Rencananya UK akan membuat 5 fregat Type 31 untuk menggantikan fregat Type 23 yang sudah menua. Bila ditambahkan dengan pesanan Indonesia sebanyak 2 unit dan pesanan Polandia 3 unit maka total akan dibangun 10 fregat Arrowhead 140.

Perbandingan blok kapal di worksop PT PAL dan Babcock International (photo : DefenceHub)

Pada tanggal 13 Juni 2023 lalu Richard Graham melakukan unggahan atas kunjungannya ke PT PAL dan ini baru disadari para defence netizen pada awal Agustus lalu (karena PT PAL tidak pernah melakukan unggahan atas first steel cutting ataupun progress fregat ini) bahwa foto kapal yang diunggah adalah kapal yang sama dengan Type 31 di galangan Babcock International, United Kingdom. Hal ini tampak jelas ketika kedua foto tersebut disandingkan.

Menengok program fregat Arrowhead 140 Polandia yang diberi nama Miecznik-class, bahwa fregat ini disusun dari 14 blok kapal dimana bila 14 blok kapal ini disusun berjajar di graving dock maka keel laying ceremony dapat dilakukan. Bila melihat program kerja galangan PGZ di Polandia dalam pembuatan fregat Miecznik-class sebagaimana dilapokan oleh Jane's pada tanggal 17 Agustus 2023 maka kita akan melihat beberapa hold point sebagai berikut :
-First steel cutting : Agustus 2023,
-Keel Laying : Q1 2024,
-Launching : Q3 2026,
-Commissioning-Sea Trial : 2028-2030.

Blok kapal Arrowhead 140 Polandia (image : PGZ)

Melalui hold point tersebut terlihat bahwa Fregat Merah Putih yang telah dilakukan first steel cutting pada 9 Desember 2022 semestinya pada bulan Juli/Agustus 2023 telah melakukan keel laying ceremony di graving dock Semarang. Mengingat foto Richard Graham tersebut dilakukan pada pertengahan Juni lalu semestinya jumlah blok yang dihasilkan di workshop PT PAL sudah lebih banyak lagi.

Tentu saja defence netizen sudah tidak sabar menunggu acara keel laying ceremony Fregat Merah Putih yang menurut doktrin Perisai Trisula Nusantara dari Menteri Pertahanan akan dibangun sebanyak 12 unit ini.

(Defense Studies)

Subscribe to receive free email updates: