Australia Mengetes Boxer Untuk Kemampuan Counter UAS

14 Agustus 2023

Boxer CRV 8x8 dalam latihan Talisman Sabre 2023 (all photos : Aus DoD)

Angkatan Darat Australia telah menguji Boxer 8×8 Combat Reconnaissance Vehicles (CRVs) untuk kemampuan counter-unmanned aircraft system (C-UAS) yang dapat mendeteksi dan menghentikan atau mengalihkan UAS.

Boxer CRV "mengawal Objective Otter" selama Latihan 'Talisman Sabre' 2023 – yang diadakan antara akhir Juli dan awal Agustus – sebagai “mata dan telinga” Divisi Australia ke-1, kata Angkatan Darat Australia dalam siaran pers pada 8 Agustus.

Brigadir Michael Say, komandan Brigade ke-7 Angkatan Darat Australia, mengatakan layanan tersebut menguji "sistem akuisisi target untuk menembak jatuh UAS yang berkeliaran di langit".


Angkatan Darat Australia membeli 211 Boxer dari Rheinmetall Defense Australia (RDA) berdasarkan kontrak senilai USD5,2 miliar yang ditandatangani pada tahun 2018 sebagai bagian dari program Land 400 Phase 2.

Kendaraan dijadwalkan akan dikirim dalam dua blok. RDA mengirimkan 25 Boxer pertama – yang dikenal sebagai kendaraan Blok I – kepada Angkatan Darat Australia pada tahun 2019. Kendaraan Blok I dibuat dan dirakit terutama di Jerman dan menjalani pengujian integrasi dan penerimaan akhir di Australia.


Pada pertengahan Oktober 2022, Angkatan Darat Australia mengumumkan bahwa kendaraan Blok I telah mencapai kemampuan operasi awal setelah pengujian dan latihan langsung. Namun, Boxer yang tersisa – dikenal sebagai kendaraan Blok II – akan diproduksi di Pusat Keunggulan Kendaraan Militer RDA (MILVEHCOE) di Ipswich Australia.

Pada pertengahan Maret, pemerintah Queensland mengatakan MILVEHCOE telah memulai produksi skala penuh kendaraan Boxer Blok II di Australia.

Subscribe to receive free email updates: