Rusia Luncurkan Prototipe SPAAG ZAK-23E untuk Peran Anti-pesawat dan Kontra-UAS

31 Agustus 2023

ZAK-23E, senjata antipesawat gerak-sendiri/SPAAG (photo : Alex Orlov)

Industri pertahanan Rusia memperkenalkan senjata antipesawat gerak-sendiri/self-propelled anti-aircraft gun (SPAAG) baru pada pameran persenjataan Army-2023 di Moskow.

JSC Tulamashzavod, bersama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan JSC Elins, meluncurkan prototipe senjata antipesawat gerak-sendiri (SPAAG) ZAK-23E berukuran penuh yang dirancang untuk melindungi unit stasioner serta konvoi militer saat bergerak.

ZAK-23E, senjata antipesawat gerak-sendiri/SPAAG (photo : Defence-Blog)

Sistem pertahanan udara jarak pendek (SHORAD) ZAK-23E terlihat seperti senjata antipesawat gerak-sendiri berukuran 8x8 yang dipasang di kendaraan.

Sistem pertahanan udara baru ini menggabungkan dua meriam otomatis 23mm satu barel ZU-23 pada pengangkut personel lapis baja BTR-82A. Senjata ini dapat menembakkan 3.500 peluru dalam satu menit, dan serangannya dapat menempuh jarak hingga 2,5 km (1,5 mil) dan ketinggian 2.000 meter.

ZAK-23E, senjata antipesawat gerak-sendiri/SPAAG (photo : Junsupreme)

ZAK-23E juga dilengkapi dengan detektor optoelektronik menjadikannya sistem SHORAD mandiri dan sangat mobile yang dapat menangani target udara yang masuk termasuk drone (kontra UAS), helikopter, dan rudal jelajah.

Subscribe to receive free email updates: