Uji Kesiapan Tempur, KRI Surik-645 Laksanakan Latihan Penembakan Permukaan

29 September 2023

KRI Surik 645 Kapal Cepat Rudal kelas KCR-40M (photo : Foggy)

TNI AL, Koarmada I, Tanjungpinang  -- KRI Surik-645 di bawah jajaran Koarmada I melaksanakan latihan internal kapal. Latihan yang dilaksanakan yakni latihan GUNEX atau penembakan dengan sasaran permukaan terapung. Latihan ini digelar di perairan Selat Riau.


Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji kesiapan kesenjataan pada umumnya dan mempertahankan serta meningkatkan kemampuan tempur personel KRI Surik-645 pada khususnya.

Senjata yang digunakan pada Latihan ini yaitu, Meriam utama 30 mm Seahawk dan Meriam 12,7 mm pada jarak maksimal 2 Nm sebanyak 3 Round.

Hasil penembakan 100 butir amunisi Meriam 30 mm berjalan lancar dengan Mode Single Shot dan Continues Burst High Rate, Perkenaan tepat sasaran.

Adapun Mer 12,7 mm menembakan sejumlah 200 butir amunisi dengan lancar. Hal ini menunjukkan bahwa kesiapan tempur persenjataan KRI Surik-645 dalam keadaan siap operasional.

Latihan ini merupakan perintah dari Pangkoarmada I, Laksda TNI Achmad Wibisono agar para Komandan KRI selalu melaksanakan pembinaan prajurit saat melaksanakan tugas operasi.

Hal ini selaras dengan Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, tentang Penyiapan unsur yang memiliki Daya Gempur dan Daya Gentar Tinggi serta pembinaan SDM yang Profesional.

(KoArmada1)

Subscribe to receive free email updates: