Hanwha Ocean Menawarkan Varian Kapal Selam KSS-III untuk Kebutuhan Angkatan Laut Filipina

20 September 2023

Gambar CGI Jiangbogo-III PN dengan sistem propulsi terbaru dan teknologi baterai lithium-ion (image : Hanwha Ocean)

Hanwha Ocean telah meluncurkan proposal terbarunya yang ditingkatkan yang diajukan untuk kebutuhan dua kapal selam untuk Angkatan Laut Filipina (PN).

Kapal tersebut berasal dari kapal selam KSS-III Angkatan Laut Republik Korea (RoKN), yang dirancang dan dibangun oleh Hanwha Ocean. Kapal yang diusulkan memiliki displacement permukaan sekitar 2.800 ton, dengan panjang keseluruhan 77 m, dan lebar keseluruhan 9,7 m.

“Dibangun berdasarkan keberhasilan kapal selam Jangbogo-III Angkatan Laut Korea (RoKN), proposal Hanwha Ocean, Jangbogo-III PN (Angkatan Laut Filipina), menawarkan platform yang telah terbukti memberikan kemampuan operasional yang tak tertandingi,” menurut pernyataan perusahaan.

Kapal selam KSS-III memiliki kemampuan meluncurkan rudal jelajah dan rudal Brahmos (image : NavalNews)

“Kapal selam canggih ini dilengkapi dengan sistem propulsi terbaru dan teknologi baterai lithium-ion yang memastikan peningkatan kemampuan pertahanan Filipina untuk menjaga kedaulatan dan kepentingan maritim strategisnya,” tambah pernyataan itu.

Hanwha Ocean mengindikasikan bahwa mereka juga telah mengusulkan elemen dukungan logistik terintegrasi ke dalam paket tersebut, yang akan memungkinkan Angkatan Laut Filipina memanfaatkan sumber daya yang akan disediakan untuk apa yang mereka sebut sebagai ‘Klub Jangbogo Global’ di masa depan.

Hal ini mengacu pada calon operator masa depan selain RoKN, termasuk beberapa negara barat, yang telah menyatakan minatnya untuk mengoperasikan KSS-III, kata juru bicara perusahaan kepada Janes melalui korespondensi email.

Saat ini, Hanwha Ocean mengindikasikan bahwa pihaknya masih melibatkan pimpinan Angkatan Laut Filipina dalam proposalnya dan akan memberikan pembaruan setelah proposal tersebut tersedia.

Subscribe to receive free email updates: