Mengenal BRIGIF-4/MAR BS

23 September 2023

Howitzer M-30 122mm bersama howitzer LG1  105mm Korps Marinir (photo : Detik)

Brigade Infanteri 4 Marinir/ BS (Berdiri Sendiri) merupakan Komando Pelaksana (Kolak) Korps Marinir yang langsung berada di bawah komando Korps Marinir. 

Sesuai dengan Struktur Organisasi Korps Marinir saat ini, selain PasMar 1, PasMar 2, dan PasMar 3, Korps Marinir juga memiliki Brigade Infanteri 4 Marinir/ Berdiri Sendiri (image : Korps Marinir)

Tugas pokok satuan ini adalah membina dan menyediakan kekuatan maupun kemampuan unsur tempur Marinir dalam pelaksanaan operasi amfibi dan tugas-tugas operasi lainnya. 

Tank PT-76 Brigif-4 Marinir/BS (photo : Brigif 4)

Pembentukan Brigif-4 Marinir/ BS didasarkan pada Perkasal Nomor 23 tahun 2018 tentang Perubahan Nama Satan di Jajaran Pasukan Marinir 1, Pasukan Marinir 2 dan Brigade Infanteri 4 Marinir/ BS serta penyebutan satuan di jajaran Pasukan Marinir 3. 

Kendaraan pendarat amfibi BTR-50 Brigif-4 Marinir/BS (photo : Brigif 4)

Dari Perkasal ini maka Brigif-3 Marinir yang sebelumnya berdiri berdasarkan Surat Panglima TNI Nomor: B/300-08/01/Sru tanggal 29 Januari 2004 tentang Persetujuan pembentukan Pasmar-2, Brigif-3 Mar serta Yonif-8 Marinir, diubah menjadi Brigif-4 Marinir/ BS.

Wiki mencatat bahwa Yonif-8 MAR diperkuat dengan satuan BKO Kavaleri 5 unit Tank PT-76, 6 unit BTR 50 dan Artileri 2 pucuk HOW 105, 2 pucuk meriam 122 (image : Wiki)

Brigif-4 Marinir/ BS berkedudukan di Piabung Lampung dipimpin oleh seorang Perwira Menengah Marinir berpangkat Kolonel. Satuan ini membawahi empat Batalyon Infanteri yaitu Yonif-7 Marinir di Lampung, Yonif-8 Marinir di Pangkalan Brandan, Yonif-9 Marinir di Lampung dan Yonif-10 Marinir di Setoko, Batam.

Wiki mencatat bahwa Yonif-10 MAR diperkuat dengan 2 Tank Amfibi BMP-3 F, 2 unit LVT-7, 2 kendaraan tempur BVP-2 anti serangan udara, 2 unit peluncur roket multi laras RM-70/ Grad, 4 unit kendaraan taktis Colorado dengan senjata GPMG dan 2 unit Jepp KIA dengan senjata GPMG. Sea Rider dan Combat Boat dengan dilengkapi dermaga sandarnya yang dibangun di belakang Mako Batalyon (image : Wiki)

Sebagai satuan Berdiri Sendiri (BS), dua dari empat Yonif yang dimiliki Brigif-4 Marinir yakni Yonif-8 Marinir dan Yonif-10 Marinir merupakan satuan infanteri plus karena dilengkapi dengan persenjataan artileri dan kavaleri.

Subscribe to receive free email updates: