Latma Elang Ausindo 2023 Manado: F-16 TNI AU dan F-35 RAAF Makin Bersemangat Berlatih Air Combat Maneuver

23 September 2023

Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 (all photos : TNI AU)

Hari keempat Air Maneuver Exercise (AMX) Latma Elang Ausindo 2023 terus berlanjut dengan semangat kerja sama yang tinggi antara penerbang F-16 TNI AU dan F-35 RAAF di Langit Manado, Jum'at (22/9/2023).

Kegiatan Disimilar Air Combat Maneuver (DACM) semakin seru dan menjadi wadah bagi kedua tim untuk saling berbagi pengetahuan tentang pertempuran udara, khususnya dalam "Within Visual Range" (WVR) dengan skenario 2V1+1.


Dalam suasana latihan yang makin intensif, Penerbang F-16 TNI AU yang telah memiliki pengalaman luas dalam melakukan Air Combat Maneuver (ACM) pertempuran jarak dekat (WVR) berbagi taktik dan strategi mereka kepada rekan-rekan dari F-35 RAAF.

Meskipun platform F-35 RAAF lebih sering dilatihkan untuk pertempuran Beyond Visual Range (BVR), kolaborasi ini membuka peluang bagi mereka untuk memahami dengan lebih baik taktik WVR yang menjadi keahlian penerbang F-16 TNI AU. Karenanya, tidak menutup kemungkinan ada situasi dimana pertempuran BVR (Beyond Visual Range) tidak bisa dilakukan dan harus masuk WVR.


Lead Planner Latma Elang Ausindo 2023, Letkol Pnb M. Amry "the Thresher" Taufanny menyatakan bahwa kerja sama dalam Flight ini adalah salah satu aspek penting dari latihan. Kedua pihak memiliki keahlian spesialisasi yang berbeda dan dengan berbagi pengetahuan, mereka dapat menguatkan dan menyiapkan diri untuk siap menghadapi berbagai skenario pertempuran udara.

Para penerbang dari kedua negara tetap menunjukkan semangat yang tinggi dalam berlatih dan terus membangun hubungan yang solid dan saling menghargai selama latihan ini. Latma Elang Ausindo 2023 diharapkan dapat menghasilkan pemahaman yang lebih baik antara kedua negara dalam hal pertahanan udara dan kerja sama militer.


Latma Elang Ausindo 2023 dijadwalkan akan berlangsung hingga tanggal 27 September 2023, dan diharapkan akan terus memperkuat hubungan pertahanan antara Indonesia dan Australia serta meningkatkan kesiapan kedua negara dalam menghadapi tantangan keamanan di masa depan.

Subscribe to receive free email updates: