Flight Pesawat Siluman F-35 RAAF Australia Tiba di Lanud Sam Ratulangi untuk Elang Ausindo 2023

15 September 2023

Rombongan pertama yang terdiri dari 3 pesawat F-35A tiba di Lanud Sam Ratulangi, Manado (photos : TNI AU)

Rombongan pertama delegasi Angkatan Udara Australia (RAAF) yang akan mengambil bagian dalam Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 telah tiba di Lanud Sam Ratulangi (Sri) Manado pada Kamis (14/9/2023). Rombongan terdiri dari tiga Pesawat F-35A, 75 Squadron RAAF.

Kedatangan mereka adalah bagian dari persiapan untuk latihan besar Elang Ausindo 2023 yang direncanakan akan diadakan dalam beberapa hari ke depan. Rombongan besar RAAF yang terdiri dari tiga pesawat F-35A, satu C-17, satu KC30, dan satu C-130J dijadwalkan tiba di Lanud SRI Manado pada Jumat (15/9/2023).


Latihan Elang Ausindo 2023 akan mencakup berbagai jenis latihan termasuk Dissimilar Basic Fighter Manuever, Dissimilar Air Combat Manuever, Offensive Counter Air, dan Defensive Counter Air.

Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dalam operasi bersama yang melibatkan Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta Pesawat Tempur F-35A dari RAAF.


Latihan ini juga bertujuan untuk memperkaya keahlian tempur Angkatan Udara kedua negara sembari memperkuat persahabatan antara Australia dan Indonesia. Hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesiapan dan kerja sama antara kedua negara dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah Asia Pasifik.

Kedatangan rombongan pertama RAAF di Manado telah menciptakan antusiasme personel TNI AU sehingga keduanya siap untuk latihan demi meningkatkan interoperabilitas dan memperdalam hubungan persahabatan yang sudah terjalin lama antara kedua negara.

Subscribe to receive free email updates: