Kapal Selam Kelas Matchanu : 86 Tahun Sejarah Kapal Selam Angkatan Laut Kerajaan Thailand

28 September 2023

Kapal selam kelas Matchanu (photo : Royal Thai Navy)

4 September, Hari Kapal Selam Thailand

Kembali ke 4 September 1937, Perusahaan Mitsubishi kota Kobe Jepang yang merupakan perusahaan kontraktor pembangunan 4 kapal selam untuk Royal Thai Navy. Dua kapal selam pertama selesai dibangun: HTMS Matchanu dan HTMS Wirun. Setelah itu, dilakukan upacara penyerahan kedua kapal selam tersebut kepada Angkatan Laut Kerajaan Thailand.

Ini dianggap sebagai hari penting lainnya dalam sejarah Angkatan Laut. dan setelah perusahaan Pembangunan keempat kapal selam telah selesai dan kapal telah dikirim ke Angkatan Laut Kerajaan Thailand. Kapal Kerajaan Matchanu, Kapal Kerajaan Virun, HTMS Sinsamut dan HTMS Phlai Chumphon Ia berangkat dari Jepang pada tanggal 5 Juni 1938 dan tiba di Thailand pada tanggal 29 Juni 1938 sendirian, tanpa kapal pengawal. yang mengejutkan banyak orang Jepang dan Amerika. Sebab, kapal selam kecil seperti ini akan memiliki kapal pengawal di luar negeri. Ini merupakan simbol keberanian dan kemampuan personel kapal selam AL Thailand.

Kapal selam kelas Matchanu (image : santiparp12)

Untuk keempat kapal selam, HTMS Matchanu, Kapal Kerajaan Virun, Kapal Kerajaan Sinsamut dan Kapal Kerajaan Plai Chumphon Itu adalah gelar kerajaan yang dianugerahkan pada tanggal 30 Agustus 1937.

Kapal Kerajaan Matchanu (HTMS Matchanu) Kapal nomor 1 merupakan nama kerajaan yang dianugerahkan. Berasal dari nama tokoh sastra Thailand yang mempunyai kekuatan menyelam yaitu Matchanu dari cerita Ramakien dengan Letnan Sui Noppakhun sebagai komandan kapalnya. Lunasnya diletakkan pada 6 Mei 1936 dan diluncurkan ke air pada 24 Desember 1936.

Kapal Kerajaan Wirun (HTMS Wirun) Kapal nomor 2 merupakan nama kerajaan yang dianugerahkan. Berasal dari nama tokoh sastra Thailand yang mempunyai kekuatan menyelam yaitu Wirun Jambang dari cerita Ramakien dengan Ekphon Dejdamrong sebagai panglima perahunya. Lunasnya diletakkan pada 6 Mei 1936 dan diluncurkan ke air pada 24 Desember 1936.

Kapal selam kelas Matchanu (image : santiparp12)

HTMS Sinsamut, kapal nomor 3, merupakan nama kerajaan yang dianugerahkan. Berasal dari nama tokoh sastra Thailand yang mempunyai kekuatan menyelam yaitu Sinsamut dari cerita Phra Aphai Mani, dengan Letnan Sanong Thanakom sebagai komandan kapalnya. Lunasnya diletakkan pada tanggal 1 Oktober 1936 dan diluncurkan ke air pada tanggal 14 Mei 1937.

HTMS Phlai Chumphon, kapal nomor 4, merupakan nama kerajaan yang diberikan dari nama tokoh dalam sastra Thailand yang mempunyai kekuatan menyelam yaitu Phlai Chumphon dari kisah Khun Chang Khun Phaen. Ada Letnan Sakorn Chanthaprasit, jadilah komandan kapal. Lunasnya diletakkan pada tanggal 1 Oktober 1936 dan diluncurkan ke air pada tanggal 14 Mei 1937.

Kapal Kerajaan Matchanu dan Kapal Kerajaan Wirun Selesai perakitan pada tanggal 4 September 1937, Perusahaan Mitsubishi mengadakan upacara penyerahannya kepada Angkatan Laut Kerajaan Thailand, dan membawa kru ke kapal.

Kapal selam kelas Matchanu (image : santiparp12)

Empat kapal selam Thailand Berangkat dari kota Kobe Jepang pada tanggal 5 Juni 1938, tiba di Bangkok pada tanggal 29 Juni 1938, mulai beroperasi pada tanggal 19 Juli 1938, dan beroperasi dalam Perang Indochina dengan Perancis. dan Perang Dunia II pada tanggal 30 November 1951, di mana dia ditempatkan. 

Ada operasi penting selama perang yang harus dicatat, yaitu pada saat perselisihan Indochina-Prancis pasca HTMS Thonburi dan kapal torpedo ditembak dan ditenggelamkan oleh kapal Perancis. HTMS Matchanu, Kapal Kerajaan Virun, Kapal Kerajaan Sinsamut dan Kapal Kerajaan Plai Chumphon pergi berpatroli di 4 baris di depan area Pangkalan Angkatan Laut Riam. Habiskan total 12 jam di bawah air per perahu pada siang hari. Pada malam hari, mereka berpatroli di permukaan air. Itu adalah operasi hitam terlama yang pernah ada. Tampak juga dari bukti Perancis pada Pertempuran Koh Chang bahwa Perancis sangat takut dengan empat kapal selam Thailand. Namun untuk hasil pertempuran tersebut, oleh karena itu memutuskan untuk menghindari operasi di Teluk Thailand. Rencana aksi ditetapkan untuk jangka waktu yang sangat singkat. Ketika operasi selesai, mereka segera mundur. karena takut diserang kapal selam.

Kapal selam kelas Matchanu (photo : Royal Thai Navy)

Keempat kapal selam tersebut dinonaktifkan secara bersamaan pada tanggal 30 November 1951 karena kurangnya suku cadang. Setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia dan tidak diperbolehkan memproduksi senjata dan peralatan.

Pabrik baterai Thailand yang telah didirikan tidak mampu memproduksi baterai untuk digunakan di kapal. Bersamaan dengan Pemberontakan Manhattan pada tanggal 29 Juni 1951, terjadi perubahan drastis di Angkatan Laut. Ada perintah untuk membubarkan peleton kapal selam. Dipindahkan untuk bergabung dengan peleton kapal patroli pantai yang sudah mapan. Keempat kapal selam tersebut telah beroperasi di Angkatan Laut selama lebih dari 14 tahun.

Setelah dinonaktifkan, keempat kapal berlabuh di Dermaga di Sungai Chao Phraya dekat dengan Rumah Sakit Siriraj Kapal tersebut kemudian dijual ke perusahaan semen Thailand. Untuk studi dan rekayasa balik, hanya menara kendali, senjata api, dan cakupan angkatan laut yang tersisa. Itu digunakan untuk membangun model jembatan kapal. Dipajang di Museum Angkatan Laut di depan Akademi Angkatan Laut dan di Benteng Phra Chulachomklao Provinsi Samut Prakan.

Subscribe to receive free email updates: